Kapolri: Biaya Tol Dibebaskan Jika Antrean Panjang

Reporter : -
Kapolri: Biaya Tol Dibebaskan Jika Antrean Panjang
Ket. Foto:- Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo (tengah).

Jakarta, JatimUPdate.id,- Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo memastikan kemungkinan pembebasan biaya tol ada saat arus mudik Lebaran 2024. Pemberlakuannya akan menyesuaikan situasi di lapangan.

Jenderal Sigit menuturkan, apabila terjadi kepadatan kendaraan karena antrean di gerbang tol, maka pembebasan biaya diberlakukan. Namun, pengukuran jumlah kendaraan dalam kategori padat telah ditentukan tersendiri bersama Jasa Raharja.

Baca Juga: Pertanggal 7 April, KAI Daop 8 Surabaya Catat 157 Ribu Penumpang Tinggalkan Kota Surabaya

“Saat tertentu saat arus sudah luar biasa ada wilayah yang berdasarkan rapat akan bebaskan beberapa waktu jalur tol apabila kapasitasnya melebihi dari apa yang dikriteriakan,” jelas Kapolri usai Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3/24).

Menko PMK Muhadjir Effendy menambahkan, pemberlakuan sistem bebas tol hanya untuk tol fungsional.

Baca Juga: PJ Gubernur Jawa Timur Memulai Program Mudik Bareng Gratis dari Jakarta

“Tol gratis itu yang fungsional. Kalau komersial akan ada diskon hanya belum bicarakan dengan pihak operator, akan koordinasi badan tol, jasa marga dan operator lain,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita menyatakan, bahwa pihaknya akan memberlakukan modifikasi cuaca saat arus mudik 2024. Sebab, masa mudik lebaran tahun ini diprediksi masih akan terjadi hujan.

Baca Juga: Angkutan Lebaran Bertambah, KAI Imbau Masyarakat Pengguna Jalan Tingkatkan Disiplin Lalu Lintas

“Ada teknologi modifikasi cuaca,” jelas Kepala BMKG yang juga bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Senin (25/3/24).

Dikatakan, antisipasi banjir sudah diantisipasi pihaknya. Namun, masyarakat diminta selalu memperbaiki informasi dari Inaris untuk dapat memilih jalur yang tidak terjadi banjir.(NT)

Editor : Nasirudin