86 Siswa SMAN 1 Amlapura Provinsi Bali Lolos SNBP

Reporter : -
86 Siswa SMAN 1 Amlapura Provinsi Bali Lolos SNBP
Delapan puluh enam siswa SMAN 1 Amlapura, Kabupaten Karangasem, Bali, dipastikan mendapat tiket untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2024

Amlapura,JatimUPdate.id-Delapan puluh enam Siswa SMAN 1 Amlapura (Smansapura), Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali Lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 yang diumumkan serentak hari Selasa (26/03/2024) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kepala SMA Negeri 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana,M.Pd.H pada Rabu (27/03/2024) mengungkapkan bahwa budaya prestasi yang terus dikembangkan di SMA Negeri 1 Amlapura (Smansapura) membuahkan hasil positif.
Delapan puluh enam (86) siswanya lolos pada perguruan tinggi negeri jalur SNBP. Bahkan 7 di antaranya pada Fakultas Kedokteran yang terdiri dari 3 orang Pendidikan Dokter Universitas Udayana, 1 orang Pendidikan Dokter Universitas Pendidikan Ganesha, dan 3 orang Dokter Gigi Universitas Udayana.

Selain kedokteran, kebanggaan juga dirasakan keluarga Smansapura karena salah seorang siswa yaitu Ni Nyoman Ratna Puspita Arsa Putri diterima pada Jurusan Agroteknologi Universitas Brawijaya, Malang.

Ketut Marta menambahkan bahwa jumlah siswa yang lolos SNBP tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2023. Tahun lalu siswa yang lolos jalur SNBP adalah 73 siswa, sedangkan tahun ini berdasarkan data sementara dari Tim Bimbingan Konseling sekolah, mencapai 86 siswa. Mayoritas siswa Smansapura lolos SNBP pada Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Politeknik Negeri Bali.

"Kami terus berupaya mengembangkan minat, bakat, dan potensi siswa agar meraih prestasi. Untuk menggaransi siswa lolos SNBP, salah satu syaratnya adalah prestasi siswa dalam beragam lomba. Kami memacu semangat siswa dan guru pembina untuk itu," ungkap Ketut Marta.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Amlapura Dwi Mega Wirawan, S.Pd., M. Pd., yang mendampingi Kepsek menambahkan, Bapres (Baju Prestasi) adalah langkah jitu peningkatan prestasi siswa. "Bapak kepala sekolah membuat program Bapres. Jadi, siswa yang berprestasi dalam lomba atau kegiatan tertentu akan diberikan baju berprestasi. Ternyata ini berdampak besar. Terbukti prestasi semakin meningkat," ungkapnya. (Dan)

Editor : Yoyok Ajar