Hadiri Perayaan Dharma Santi, Bupati Blitar Pesankan Ini

Reporter : -
Hadiri Perayaan Dharma Santi, Bupati Blitar Pesankan Ini
Ket. Foto: Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri acara perayaan Dharma Santi

Blitar, JatimUPdate.id,- Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri acara perayaan Dharma Santi tahun 2024, bertempat di Desa Plumbangan, Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, Minggu, 31 Maret 2024.

Mengawali sambutannya, Bupati Rini Syarifah menyampaikan ucapan Selamat Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kepada seluruh umat Hindu di Kabupaten Blitar yang telah menjalankan rangkaian Hari Suci Nyepi tahun ini dengan tertib san khidmad.

Baca Juga: Di Rakor Linsek Bersama Dirjen Tata Ruang, Bupati Blitar Paparkan RDTR WP Wlingi dan RDTR WP Srengat

"Tentunya hal ini sesuai nilai-nilai Nyepi antara lain mampu mengendalikan seluruh hawa nafsu, focus pada introspeksi diri, menghindari keramaian dan fokus untuk merasakan kedamaian, dan kesucian hati sehingga memberikan kesempatan agar lebih dekat dengan Sang Pencipta." Jelasnya.

Sambung Bupati menjelaskan, perayaan Dharma Santi tahun ini berbarengan dengan puasa Ramadan. Ini menggambarkan keagungan Tuhan menciptakan keberagaman umat sehingga harus terus saling toleransi dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Baca Juga: Bupati Rini Syarifah Buka Lomba Senam Kreasi Perwosi Kabupaten Blitar Tahun 2024

"Untuk itu dalam kesempatan ini saya berpesan, agar kita selalu menjaga keharmonisan, supaya tidak terpecah belah, tetap guyub rukun. Karena kalau sudah guyub rukun, jadi ayem tentrem. Dalam melakukan aktifitas tetap anteng," kata Bupati.

Intinya, Dharma Santi tahun ini Bupati Blitar meminta jadikan sebagai momentum dalam menjaga keberagaman dan kerukunan agar Kabupaten Blitar tetap kondusif. Dan kita sama-sama berdoa, semoga Kabupaten Blitar jauh dari musibah, masyarakatnya sejahtera.

Baca Juga: Hadiri Muskab ke XXII PMI, Bupati Blitar Pesankan Ini

Sekedar informasi, Turut hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forkopimda, asisten, staf ahli, PHDI Provinsi Jatim, FKUB Kabupaten Blitar, Forkopimcam Doko, Pj Kepala Desa Plumbangan, Pengurus Lembaga Desa Plumbangan, Parisada Hindu dan seluruh umat Hindu. (Adv/Kmf)

Editor : Nasirudin