Bupati Blitar Bersama PT. KAI dan Dishub Jatim Resmikan Palang Pintu dan Pos Jaga Perlintasan KA

Reporter : -
Bupati Blitar Bersama PT. KAI dan Dishub Jatim Resmikan Palang Pintu dan Pos Jaga Perlintasan KA
Ket. Foto : Bupati Blitar meresmikan palang pintu dan pos jaga perlintasan kereta api

Blitar, JatimUPdate.id,- Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah bersama PT. KAI DAOP 7 Madiun dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur meresmikan pengoperasian palang pintu dan pos jaga perlintasan kereta api di perlintasan sebidang JPL 207 di desa Ngaglik, kecamatan Srengat, Selasa, 2 April 2024.

Acara peresmian yang juga disaksikan masyarakat Desa Ngaglik itu juga dihadiri Kapolres Blitar Kota, sejumlah pejabat Pemkab Blitar, Forkopimcam Srengat dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Patroli Cipta Kondisi Polres Bondowoso Keliling Kerumah warga

Mengawali sambutannya, Bupati Rini Syarifah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaui Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang telah membangun 2 palang pintu dan pos jaga di dua perlintasan di tahun 2023.

"Terima kasih juga saya sampaikan kepada PT wawancara Teknik yang telah memberikan CSRnya utk pembagunan palang pintu dan pos jaga. Semoga apa yang telah panjenengan kerja membawa manfaat dan berkah bagi keselamat masyarakat luas." Jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Rini Syarifah menyampaikan, perlintasan sebidang menjadi isu penting yang sering dibahas seiring dengan pembangunan perkeretaapian nasional sebagai transportasi massal.

Baca Juga: Polres Nganjuk Luncurkan Program Inovatif Bengkel Keliling Gratis Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Di satu sisi, masyarakat membutuhkan akses jalan yang singkat, tetapi disisi yang lain, perlintasan sebidang juga menjadi sumber permasalahan. Selain menjadi titik kemacetan, perlintasan sebidang merupakan simpul terjadinya kecelakaan lalu lintas antara kendaraan dengan kereta api, terutama pada perlintasan sebidang yang tidak dijaga.

Peresmian pengoperasioan 2 palang pintu ini merupakan bagian dari rencana peningkatan keselamatan pada 13 perlintasan sebidang oleh Pemerintah Kabupaten Blitar yang dilakukan pada tahun 2023 dan 2024.

"Alhamdulillah sesuai informasi yang saya terima Pemerintah Kabupaten Blitar pada tahun ini juga akan menerima tambahan di 2 perlintasan dari pemerintah provinsi Jatim," ungkapnya.

Baca Juga: KAI Commuter Line Pasca Lebaran 2024 Alami Kenaikan Record Angkutan Penumpang Capai 45 Ribu

Terakhir, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat meskipun diperlintasan ini telah terpasang palang pintu, untuk tetap selalu berhati-hati bila melintasi jalan perlintasan kami tengok kanan tengok kiri pastikan aman baru melintas, Ingat keselamatan perjalanan kita tidak hanya ditentukan oleh sarana dan prasarana jala yang ada akan tetapi juga sangat ditentukan dari perilaku di jalanan pula. (Adv/Kmf)

 



Editor : Advertorial