PJ Gubernur Jawa Timur Memulai Program Mudik Bareng Gratis dari Jakarta

Reporter : -
PJ Gubernur Jawa Timur Memulai Program Mudik Bareng Gratis dari Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono secara resmi memulai program mudik bareng gratis dari Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Jumat, (5/04/2024).

Jakarta, JatimUPdate.id,- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, bersama Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono, secara resmi memulai program mudik bareng gratis dari Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Jumat, (5/04/2024).

Sebanyak 1.095 pemudik asal Jawa Timur hari ini berangkat menikmati mudik gratis menggunakan 27 bus yang akan membawa mereka ke berbagai wilayah di Jawa Timur.

Baca Juga: Raperda RTRW, Foto Bibir Pantai Berbeda, Komisi C Tantang Pemprov Jatim Foto Ulang Bersama

Pj. Gubernur Adhy menegaskan bahwa mudik gratis merupakan program tahunan yang diadakan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap masyarakatnya yang bekerja di Jakarta, memberikan kesempatan bagi mereka untuk mudik dengan aman, nyaman, dan berkesan.

"Ini adalah kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jatim untuk melayani masyarakat. Kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Semoga perjalanan mudik ini membawa kebahagiaan di kampung halaman," kata Adhy.

Adhy juga menyoroti manfaat dari program mudik gratis, termasuk penekanan angka kecelakaan, penghematan biaya, serta pembentukan solidaritas di antara pemudik. Dengan libur Lebaran yang panjang tahun ini, diperkirakan terjadi lonjakan pemudik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Diperkirakan jumlah pemudik tahun ini naik 16,2 persen dari tahun sebelumnya, mencapai sekitar 31,2 juta dari total 40,5 juta penduduk di Jawa Timur," jelasnya.

Adhy juga memberikan peringatan kepada sopir, crew, dan penumpang untuk saling mengingatkan, terutama di rute yang rawan kecelakaan seperti Ngawi dan Mojokerto. Pemerintah bersama TNI/POLRI telah menyiapkan pos pelayanan dan pengamanan di rest area untuk memfasilitasi istirahat selama perjalanan.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Jawa Timur Raih Dua Penghargaan dalam Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53

Program mudik gratis ini juga mencakup angkutan balik yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2024, dengan rute dari beberapa wilayah di Jawa Timur menuju Jakarta.

Salah satu pemudik asal Nganjuk, Sunaryo (57), merasa senang karena dapat menikmati fasilitas mudik gratis bersama istrinya. "Senang sekali karena baru pertama kali ikut mudik gratis," katanya.

Sunaryo, yang bekerja sebagai wirausaha percetakan di daerah Kalibaru, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas perhatiannya terhadap masyarakat yang bekerja di Jakarta.

Baca Juga: PT KAI Meraih Penghargaan Peduli Lansia dari Pemprov Jatim

Selain mendapatkan fasilitas mudik gratis, pemudik juga diberikan kartu multi trip sebagai kolaborasi antara Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Kartu multi trip ini memungkinkan pemudik untuk berpindah moda bus transjatim di wilayah Surabaya - Sidoarjo - Gresik - Mojokerto, dan sebaliknya, dapat digunakan pada kereta commuter ketika kembali ke Jakarta.

Dengan adanya program ini, diharapkan pemudik dapat pulang kampung dengan aman dan nyaman, serta menjadikan momen mudik sebagai pengalaman yang berkesan dan membangun rasa solidaritas di antara sesama pemudik. (YH)
 
 
 
 
 
 

Editor : Yuris P Hidayat