KAI Commuter Line Pasca Lebaran 2024 Alami Kenaikan Record Angkutan Penumpang Capai 45 Ribu

Reporter : -
KAI Commuter Line Pasca Lebaran 2024 Alami Kenaikan Record Angkutan Penumpang Capai 45 Ribu
Ket.poto: Anne Purba selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter

Surabaya, JatimUPdate.id, -Memasuki arus balik hari raya idul Fitri 1445 Hijriyah, Kereta Api Commuter Line Wilayah Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengantisipasi jumlah lonjakan penumpang kereta api.

Hal tersebut disampaikan Anne Purba selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter,bahwa Kereta Api Indonesia ( KAI ) Commuter telah menyiapkan pelayanan rute angkutan lebaran idul Fitri 1445 H pada masa arus balik sebanyak 61 stasiun sekaligus melayani 60 rute perjalanan.
" Kami telah menyiapkan kereta api commuter keliling , seperti KA Penataran Doho yang perjalanannya hingga ke area Mojokerto sampai ke Bangil," kata Anne Purba saat menggelar Konferensi pers bersama awak media,pada Senin ( 15/4/2024 ) di Stasiun Surabaya Gubeng Lama.

Baca Juga: Per 1 Juni, PT KAI Menetapkan Kebijakan Baru Pembatalan Tiket, Ini Penjelasannya

Sementara itu, kata Anne Purba, Pihaknya juga memperkirakan pada masa arus balik angkutan lebaran idul Fitri 1445 H mengalami peningkatan yang signifikan.

" Kami memprediksi ada kenaikan 13 persen pada volume penumpang arus balik lebaran," ujar Anne Purba.

Terlebih kata Anne Purba,peningkatan tersebut hampir sama dengan arus balik di jakarta.Pasalnya,Surabaya merupahkan tujuan utama bagi pemudik.

" Ada record pada angkutan lebaran tahun ini yakni sekitar 45 ribu penumpang ," terangnya.

Baca Juga: PT KAI Meraih Penghargaan Peduli Lansia dari Pemprov Jatim

Dia menambahkan,di Stasiun Gubeng dan Malang menjadi tempat tujuan utama bagi penumpang,selain itu juga di stasiun Bangil.Bahkan di Sidoarjo KAI Commuter melayani hampir 3 ribu penumpang untuk keberangkatan dan kedatangannya.

Tak hanya itu,lanjut Anne Purba, di Stasiun Pakis Aji malang,jumlah volume penumpang pada masa lebaran juga mengalami peningkatan.

Dengan adanya peningkatan jumlah volume penumpang KAI Commuter tersebut,masih Anne Purba,Pihaknya telah berkoordinasi dengan KAI untuk melakukan pengembangan KA Commuter Line.Sehingga konsep yang nantinya dikembangkan benar - benar Commuter.

Baca Juga: Program A-MEIzing Surabaya 2024 Berikan Diskon 20 Persen Tarif Kereta Api Jarak Jauh

" Potensi - potensi wilayah penyangga dari Surabaya,seperti Sidoarjo dan Mojokerto ini jumlah penggunaan kereta commuter cukup baik sekali,dan kapasitasnya juga harus ditingkatkan," ungkap Anne Purba. ( dji )

Editor : Nasirudin