Pilkada Pacitan 2024, Menunggu Si Kuda Hitam

Reporter : -
Pilkada Pacitan 2024, Menunggu Si Kuda Hitam
Kabupaten Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)

Pacitan, Jatimupdate.id - Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan 2024 diprediksi akan diwarnai oleh kehadiran wajah-wajah lama yang familiar. Beberapa figur yang sudah dikenal seperti Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, dan Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono diyakini akan kembali berkompetisi.

Menurut pengamat politik Pacitan, Imam Haryono, dinamika politik yang terjadi pada Pilkada kali ini akan sangat menarik. "Kontestasi Pilkada nanti masih bakal diikuti pemain lama," kata Imam.

Baca Juga: Diseminasi Media yang Berkualitas, Demi Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai

Tahapan krusial Pilkada serentak ini akan segera dimulai pada awal Juni mendatang. Meskipun begitu, hingga saat ini mayoritas partai politik (parpol) di Pacitan belum menentukan dukungan secara terbuka terhadap kandidat tertentu. Partai Demokrat menjadi pengecualian yang telah secara terang-terangan mendukung bupati petahana untuk mencalonkan diri dalam periode kedua.

Imam juga menyebutkan bahwa belum ada calon dari luar atau pendatang yang muncul dalam bursa kandidat. "Saat ini belum ada yang menyatakan mencalonkan diri," ujarnya.

Dari figur-figur yang sudah muncul, setidaknya ada tiga nama yang akan bertarung memperebutkan kursi AE-1 Kabupaten Pacitan. Selain bupati petahana yang akrab disapa Mas Aji, nama-nama seperti Gagarin dan Ronny Wahyono juga menjadi perbincangan hangat.

Baca Juga: Panaskan Mesin Politik, Golkar Surabaya Gelar Koordinasi 

Gagarin, wakil bupati petahana dari Partai Golkar, diprediksi akan maju dalam Pilkada 2024. Alasan di balik keputusannya termasuk fakta bahwa ia tidak maju dalam pemilu legislatif sebelumnya dan usianya yang masih produktif untuk masuk dalam masa pensiun.

Sementara itu, Ronny Wahyono, meskipun bukan pengurus partai politik, memiliki elektabilitas yang cukup tinggi dan layak diusung sebagai calon bupati.

Baca Juga: KPU Kota Blitar Luncurkan Tagline "Gembira" untuk Pilkada 2024

"Kontestasi pilkada nanti masih bakal diikuti pemain lama," tambah Imam, namun ia menilai bahwa mereka mungkin hanya akan meramaikan bursa kandidat dan belum ada kuda hitam yang muncul.

Jadwal pemilihan Pilkada Pacitan 2024 dijadwalkan pada 27 November 2024. Proses pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati akan berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024, sementara penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 September 2024. Menurut Imam, parpol terbuka untuk berkoalisi dalam Pilkada, dan hal ini tidak harus selaras dengan koalisi parpol dalam pemilu presiden. (RM)

Editor : Redaksi