Dukung Status PTN-BH UB, PT BMU Perluas Jejak Bisnis dengan Peluncuran Tiga Unit Usaha Baru

Reporter : -
Dukung Status PTN-BH UB, PT BMU Perluas Jejak Bisnis dengan Peluncuran Tiga Unit Usaha Baru
Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. bersama Direktur Utama PT BMU, Dr. Edi Purwanto, S.TP., M.M

Malang, JatimUPdate.id,- PT Brawijaya Multi Usaha (BMU), perusahaan dengan saham utama milik Universitas Brawijaya (UB), mengumumkan langkah besar dengan meluncurkan tiga unit bisnis baru dalam sebuah acara Halal Bi Halal dan Grand Launching Tiga Unit Bisnis di Samantha Krida UB, Selasa (23/4/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., beserta jajaran pimpinan universitas, fakultas, stakeholder, dan civitas akademika UB.

Baca Juga: Forum Majelis Wali Amanat PTN-BH Kritisi Pembaharuan Rancangan PP Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi

Sebagai informasi tambahan, Universitas Brawijaya (UB) telah ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021. PP ini ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 18 Oktober 2021. Dengan demikian, UB menjadi perguruan tinggi ke-14 di Indonesia dengan status PTN-BH. Sebagai PTN-BH, UB memiliki otonomi dalam mengelola keuangan dan sumberdaya, memungkinkan untuk menjalankan inisiatif bisnis seperti peluncuran unit-unit usaha baru yang dilakukan oleh PT BMU.

Dalam sambutannya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., menyampaikan, “Ini adalah bentuk bagaimana perusahaan atau badan usaha kita bisa bekerja lebih profesional dan terus mengembangkan layanannya. PT BMU diberi mandat untuk memberikan pelayanan yang diperlukan kepada mahasiswa dan masyarakat serta menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki ide untuk berwirausaha.”

Direktur Utama PT BMU, Dr. Edi Purwanto, S.TP., M.M, menjelaskan secara rinci tentang tiga unit usaha baru dan menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 30% dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Diikuti 20.775 Orang, Pelaksanaan UTBK 2024 di UB: Fokus pada Keamanan dan Kenyamanan Peserta

“Pertama adalah Brawijaya Catering, yang akan melayani seluruh stakeholder UB. Kami berencana untuk membangun dapur umum yang dapat mengakomodasi kebutuhan konsumsi hingga 15.000 orang setiap tahunnya. Kami berharap untuk mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan dalam upaya ini.”

“Kedua, kami meluncurkan Brawijaya Science and Technology yang berfokus pada layanan bahan dan alat-alat lab. Kami telah bekerja sama dengan 14 stakeholder, termasuk BRIN, untuk menyediakan peralatan laboratorium. Kami juga telah mengusulkan untuk mendapatkan hibah senilai 2,5 miliar untuk keperluan ini.”

Baca Juga: Mangayubagyo Hari Pendidikan Nasional

“Yang ketiga adalah Brawijaya Tour and Travel, yang menawarkan layanan travel yang berbeda dan memiliki jaringan dengan 132 negara. Unit ini juga akan mengelola studi banding ke luar negeri serta wisata di UB forest.”

Dengan peluncuran tiga unit bisnis baru ini, PT BMU menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam memberikan dampak pemasukan serta layanan yang terbaik dalam mendukung pertumbuhan pendapatan Universitas Brawijaya. Langkah ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas serta membuka peluang baru bagi para mahasiswa yang berpotensi dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.(NT)

Editor : Nasirudin