Peningkatan 6 Persen Pengguna KAI Commuter Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

Reporter : -
Peningkatan 6 Persen Pengguna KAI Commuter Selama Masa Angkutan Lebaran 2024
Penumpang KAI Commuter

Surabaya, JatimUPdate.id,- Masa angkutan Lebaran 2024 menjadi momentum penting bagi KAI Commuter, yang berhasil mencatat peningkatan pengguna sebesar 6% selama periode 22 hari, mulai dari H -10 hingga H+10. Total pengguna KAI Commuter Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencapai angka 878.076 orang, dibandingkan dengan total angkutan Lebaran 2023 sebanyak 827.354 orang.

Anne Purba, Corporate Secretary KAI Commuter, menyampaikan bahwa volume tertinggi arus mudik yang menggunakan Commuter Line terjadi pada tanggal 21 April dengan total 47.059 orang. Selama masa angkutan Lebaran, Stasiun Surabaya Gubeng menjadi stasiun keberangkatan dan tujuan terbanyak dengan melayani 116.923 dan 116.349 orang secara berurutan. Stasiun Wonokromo juga mencatat jumlah penumpang yang signifikan, dengan 63.997 orang naik dan 63.031 orang turun.

Baca Juga: Per 1 Juni, PT KAI Menetapkan Kebijakan Baru Pembatalan Tiket, Ini Penjelasannya

Pada periode tersebut, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya mengoperasikan total 1.320 perjalanan, dengan setiap hari menghadirkan 60 perjalanan commuter line, termasuk rute Dhoho, Penataran, Tumapel, Blorasura, Supas, Arjonegoro, Jenggala, dan Sindro.

Baca Juga: PT KAI Meraih Penghargaan Peduli Lansia dari Pemprov Jatim

Anne Purba juga mengungkapkan bahwa KAI Commuter mencatat tingkat ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan Commuter Line sebesar 100% dan 99% secara berurutan. Selama masa angkutan Lebaran, KAI Commuter memberlakukan kapasitas angkut maksimum dan menugaskan petugas pengamanan stasiun serta pengawalan kereta untuk menjamin keamanan pengguna.

Purba menekankan bahwa penggunaan Commuter Line diatur dengan pembatasan kapasitas angkut maksimum, terutama untuk penumpang prioritas seperti Lansia, Ibu Hamil, Penyandang Disabilitas, dan Ibu yang membawa Balita. Berbagai fasilitas dan layanan tambahan juga disediakan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan selama masa Angkutan Lebaran.

Baca Juga: Program A-MEIzing Surabaya 2024 Berikan Diskon 20 Persen Tarif Kereta Api Jarak Jauh

KAI Commuter mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna dan pihak terkait atas suksesnya Angkutan Lebaran 2024, serta berharap dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. (Dji)

Editor : Nasirudin