Musim Haji

Setiap Jemaah Asal Aceh Dapat Dana Wakaf Rp 4,5 juta

oleh : -
Setiap Jemaah  Asal Aceh Dapat Dana Wakaf Rp 4,5 juta
jemaah calon haji asal Aceh

Jakarta(Jatimupdate.id)-Sebanyak 1.988 jemaah calon haji asal Aceh mendapatkan pembagian dana wakaf dari Baitul Asyi di Makkah, Arab Saudi. Masing-masing jemaah bakal menerima 1.200 SAR atau sekitar Rp 4,5 juta.

“Nantinya masing-masing jemaah akan menerima dana wakaf Baitul Asyi,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal, Selasa (14/6).
Iqbal menjelaskan, dana wakaf dari Habib Bugak Asyi itu diserahkan kepada masing-masing jemaah setiba di hotel masing-masing di Makkah oleh pengurus wakaf dan tidak bisa diwakili orang lain.
“Diterima setelah 2 hari ketibaan di Makkah. Tidak boleh diwakili pihak mana pun, nanti diserahkan oleh pengurus atau nazir Wakaf Habib Bugak Asyi,” ungkapnya seperti dilansir Kumparan.
Wakaf ini adalah amanah yang disampaikan Habib Bugak Asyi sejak 1800-an. Habib Bugak Asyi merupakan warga Arab yang tinggal di Aceh ketika itu. Dia pergi ke Makkah untuk berhaji dan membeli sebidang tanah di sekitar Masjidil Haram.
Tanah tersebut dia wakafkan untuk kepentingan masyarakat Aceh di Tanah Suci. Seiring perjalanan waktu, tanah wakaf Habib Bugak Asyi dikelola dengan profesional dan menjadi wakaf produktif.
Di tanah yang dibeli Habib Bugak Asyi kini telah dibangun berbagai aset, di antaranya tiga hotel mewah dan perumahan.
Wakaf itu dikelola dua orang nazir yang dikukuhkan Mahkamah Syariyyah Makkah, yakni Prof Dr Abdurrahman Abdullah Asyi dan Syaikh Abdul Latif Baltou. Sedangkan bendahara adalah Muhammad Sayyid, seorang warga negara Mesir.
Selain diberikan kepada jemaah asal Aceh, wakaf ini juga diperuntukkan bagi penduduk Makkah keturunan Aceh yang telah menjadi warga Arab Saudi, dan mahasiswa Aceh yang menuntut ilmu di Tanah Suci. (Yok)