Diskominfo Jatim Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Implementasi Manajemen Keamanan Informasi

Reporter : -
Diskominfo Jatim Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Implementasi Manajemen Keamanan Informasi

Surabaya, Jatimupdate.id - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) mengadakan kegiatan sosialisasi terkait Peraturan Gubernur Jawa Timur (Pergub Jatim) Nomor 95 Tahun 2023 tentang Manajemen Keamanan Informasi (MKI) dan Evaluasi Pengamanan Informasi di Pemprov Jatim.

Acara ini berlangsung di Surabaya pada Selasa (30/4/2024) dengan tujuan memastikan pelaksanaan implementasi keamanan informasi sistem pemerintahan berjalan dengan baik dan efektif.

Baca Juga: Diskominfo Jatim Gelar Bimtek "Workshop Cek Fakta" untuk Meningkatkan Kualitas Kerja Humas

Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, membuka kegiatan tersebut dan menggarisbawahi pentingnya penyusunan Pergub Jatim Nomor 95 Tahun 2023 tentang Sistem MKI di lingkungan Pemprov Jatim sebagai pedoman sistem keamanan informasi.

Ia menekankan bahwa keamanan informasi merupakan tanggung jawab bersama semua pihak sebagai bagian dari masyarakat digital di Provinsi Jawa Timur.

“Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan terhadap keamanan informasi, namun juga merupakan amanat dari peraturan presiden tentang Sistem Pengamanan Basis Elektronik (SPBE),” ungkapnya.

Baca Juga: Pilkada Di Jatim Telan Anggaran 845 Milliar

Dalam laporannya, Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, Achmad Fadlil Chusni, menyampaikan bahwa Diskominfo Jatim memperhatikan pentingnya kerahasiaan dan keamanan sistem pemerintahan serta informasi di lingkungan Pemprov Jatim.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk memastikan pelaksanaan dan implementasi keamanan informasi sistem pemerintahan berjalan dengan baik dan efektif,” jelas Fadlil.

Baca Juga: IPM Jatim 2023 diatas rata-rata Nasional, Naik 3,15 Persen

Lebih lanjut, Fadlil menyebutkan bahwa kegiatan ini juga melibatkan empat narasumber, termasuk Yan Hadynoer, seorang Sandiman Ahli Muda Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta narasumber dari teknis Diskominfo Jatim.

Peserta kegiatan mencapai 95 orang, terdiri dari pejabat struktural perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim atau yang mewakili, serta pejabat fungsional di Dinas Kominfo Jatim. Acara ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kesadaran dan implementasi keamanan informasi di tingkat pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Editor : Yuyung CY