Anggota DPRD Soroti Raperda PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Reporter : -
Anggota DPRD Soroti Raperda PDAM Surya Sembada Kota Surabaya
Gedung PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Surabaya, JatimUPdate.id,- Rapat paripurna DPRD Kota Surabaya pada Senin (6/5/2024) menjadi ajang sorotan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Komisi B DPRD  Surabaya telah mulai membahas bentuk badan hukum PDAM Surya Sembada, lewat persiapan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Surya Sembada.

Baca Juga: Eri Cahyadi: Program Padat Karya Adalah Salah Satu Cara Untuk Menekan Angka Kemiskinan

Melalui juru bicaranya, Bachtiyar Rifa’i, Fraksi Gerindra DPRD Surabaya menyampaikan beberapa catatan penting terkait Raperda tersebut.

Bachtiyar menegaskan pentingnya pengelolaan penyertaan modal PDAM secara profesional, akuntabel, dan kompetitif. Selain itu, Fraksi Gerindra juga menyoroti aspek sosial dalam pelayanan publik serta pemenuhan air yang lancar dan pergantian pipa yang sudah usang. Pemberian air yang layak konsumsi juga menjadi fokus perhatian fraksi ini, terutama bagi masyarakat menengah bawah yang mengandalkan air PDAM untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Bupati Blitar Sampaikan 3 Usulan Ranperda pada Rapat Paripurna

Selain Fraksi Gerindra, anggota DPRD Surabaya dari berbagai fraksi juga memberikan sorotan terhadap PDAM Surya Sembada.

Hj. Siti Mariyam dari Fraksi PDIP menekankan bahwa pelayanan air bersih harus dirasakan secara merata oleh seluruh masyarakat Surabaya sebagai hak konsumen. Dia juga menginginkan PDAM dapat merealisasikan air layak minum untuk semua.

Baca Juga: PDAM Surabaya Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim Piatu 

Sementara itu, Mochamad Machmud dari Fraksi Demokrat memperingatkan bahwa perubahan status PDAM harus diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan. Dia menyampaikan keprihatinannya terhadap kualitas air yang masih kurang baik di beberapa titik, dan berharap perubahan tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat.

Dengan catatan dan sorotan yang disampaikan oleh anggota DPRD Surabaya, diharapkan PDAM Surya Sembada dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya untuk kepentingan seluruh masyarakat Surabaya.(NT)

Editor : Yuris P Hidayat