Komunitas Mobil Sehat Lamongan Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Reporter : -
Komunitas Mobil Sehat Lamongan Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi presiasi atas kontribusi KMSL dalam meningkatkan peran komunitas mobil sehat dalam pelayanan kesehatan masyarakat Lamongan

Lamongan, JatimUPdate.id,- Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan, dr. Moh. Chaidir Annas, mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komunitas Mobil Sehat Lamongan (KMSL) periode 2024/2027. Prosesi pengukuhan ini dilangsungkan di Aula Lesung si Panji Dinkes Lamongan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, turut menyaksikan prosesi pengukuhan dan menyampaikan apresiasi atas kontribusi KMSL dalam meningkatkan peran komunitas mobil sehat dalam pelayanan kesehatan masyarakat Lamongan. Kehadiran mobil sehat di Kabupaten Lamongan telah mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) melalui akses pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga: Bupati Lamongan Akan Terbitkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

"Kehadiran mobil sehat sangat membantu, terbukti dari capaian AKI dan AKB Lamongan yang berada di bawah rata-rata nasional," ungkap Bupati Lamongan.

Untuk memaksimalkan peran komunitas mobil sehat, Bupati Lamongan menekankan perlunya pembekalan terus-menerus kepada driver KMSL, mulai dari pelatihan lalu lintas hingga penanganan kesehatan dasar. Selain itu, dia juga berharap agar KMSL tidak hanya berfungsi sebagai forum komunikasi, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui berbagai upaya, seperti koperasi dan pemberian jaminan sosial.

Baca Juga: Yuhronur Mediasi Warga dan PT EMA Selesaikan Tower BTS

Plt. Kepala Dinkes Lamongan, dr. Moh. Chaidir Annas, menyampaikan bahwa saat ini seluruh desa di Kabupaten Lamongan telah memiliki mobil sehat sebanyak 474 unit. Ketersediaan fasilitas kesehatan desa ini memberikan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, serta mendukung terwujudnya Lamongan yang sehat.

Ketua DPP KMSL periode 2024/2027, Sahari, menyatakan kesiapannya dalam menjalankan tugas baru sebagai Ketua KMSL. Dia juga memohon doa restu dari semua pihak untuk menjalankan amanah tersebut.

Baca Juga: Ketua PWI Jatim Diacara Resepsi HPN dan HUT PWI ke-78 di Lamongan, Menyentuh

"Kami siap menerima kritik dan saran dari semua pihak untuk meningkatkan kinerja KMSL dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Lamongan," ungkap Sahari.(NT/ZB)

Editor : Nasirudin