Musrenbangnas 2024: BAPPENAS Pastikan Sinkronisasi Pembangunan dengan Program Presiden Terpilih

Reporter : -
Musrenbangnas 2024: BAPPENAS Pastikan Sinkronisasi Pembangunan dengan Program Presiden Terpilih
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Senin, 6 Mei 2024. Foto: BPMI Setpres/Vico

Jakarta, 8 Mei 2024 - Kementerian PPN/Bappenas telah sukses menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, yang berlangsung dari tanggal 28 April hingga 8 Mei 2024. Acara ini merupakan langkah krusial dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dengan tema "Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Momentum ini menjadi puncak konsolidasi usulan pembangunan dari berbagai pihak, di mana Presiden RI Joko Widodo turut menyampaikan arahan penting terkait perencanaan pembangunan nasional. "Sinkronisasi menjadi kunci. Dari level kementerian sampai daerah, semuanya harus sejalan," tegas Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center pada Senin (6/5).

Baca Juga: Prabowo Subianto Semangat Tangani Kaum Marginal dan Terpinggirkan

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menegaskan bahwa Rancangan Awal RKP Tahun 2025 telah memuat agenda penting yang mengacu pada rencana jangka panjang dan jangka menengah, serta beberapa agenda yang terkait dengan program presiden terpilih. "Integrasi dengan program presiden terpilih akan terus dilakukan hingga penetapan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025," ungkapnya.

Baca Juga: KPU Tetapkan Pemenang Pilpres 2024, Waktunya Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

RKP 2025 harus mengusung prinsip dasar, yaitu harmonisasi program pusat dan daerah, orientasi hasil yang produktif, serta akurasi sasaran dan strategi alokasi anggaran. Selaras dengan RPJPN 2025-2045, Indonesia Emas 2045 hanya akan berhasil jika dipedomani oleh RPJMN, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta RKP. "Keselarasan antara pusat dan daerah menjadi krusial dalam menjaga koherensi pembangunan," jelas Menteri Suharso.

Selain Musrenbangnas, Kementerian PPN/Bappenas juga menggelar diskusi "Perencanaan Pusat dan Daerah dalam Masa Transisi", dengan melibatkan narasumber dari berbagai instansi terkait baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Diskusi tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan penting, termasuk Gubernur Kepulauan Riau dan Rektor IPB University.

Baca Juga: Datangi Open House Prabowo, LaNyalla: Silaturahmi dan Nostalgia Saat di Gerindra

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian PPN/Bappenas juga memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kepada daerah-daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah, sebagai bentuk apresiasi atas upaya mereka dalam pembangunan yang berkelanjutan.(NT)

Editor : Nasirudin