Pengukuhan Pengurus KAUJE Korda Jember, Sekda Jember Berharap Peran Alumni Lebih Konkrit 

Reporter : -
Pengukuhan Pengurus KAUJE Korda Jember, Sekda Jember Berharap Peran Alumni Lebih Konkrit 
Pengukuhan KAUJE Korda Jember

Jember - JatimUpdate.id – Pengurus Keluarga Alumni Univeristas Jember (KAUJE) Koordinator Daerah (Korda) Jember periode 2024-2028, dikukuhkan oleh Wasekjen Pengurus Pusat (PP) KAUJE Dr Hendra Kurniawan, di Aula Gedung Rektorat Unej, pada Jumat (10/05/ 2024).

Pengukuhan disaksikan rektor Unej Dr Iwan Taruna, Sekda Jember Hadi Sasmito SH MH, Warek II Unej Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes, Ketua KAUJE Korda Malang Ma’ruf Tohari, SH, Ketua Panitia Jalan Gembira Nasional (JGN) KAUJE 2 Malang Hari Dian Wahyudi, Ketua KAUJE Korda Situbondo Syaifullah, S.Sos, pengurus KAUJE Korda Bondowoso Ahmad Bahrul Munir.

Baca Juga: Lepas Angkutan Mudik Gratis Tujuan Madura, Sekda Jember: Kegiatan Rutin Tahunan 

Harapan Sekda Jember 

Menanggapi keberadaan Kepengurusan KAUJE Korda Jember, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Hadi Sasmito, menjelaskan bahwa KAUJE adalah sebagai organisasi atau perkumpulan keluarga Alumni Universitas Jember dari berbagai Fakultas/jurusan dari berbagai angkatan. 

"Saat ini telah terbentuk kepengurusan Wilayah (Korwil) tingkat propinsi dan daerah kab/kota (korda) serta komisariat. Yang setiap tahun berkembang di setiap propinsi maupun kab/kota," ujarnya.

Sebagai Alumni Fakultas Hukum Unej Angkatan 1987, yang lulus tahun 1991, Hadi Sasmito berharap KAUJE tidaklah sekedar sebagai wadah silaturahmi atau memperkuat jalinan komunikasi dan interaksi antar Alumni. 

"Tetapi bagaimana anggota KAUJE dengan segala latarbelakang dalam pengabdian harus mampu berkontribusi didalam menghadapi tantangan ke depan," jelasnya.

Alumni Unej, menurut Hadi Sasmito, dapat berperan dalam berbagai bidang, baik dalam bidang sosial ekonomi budaya maupun politik. 

"Alumni Unej, harus mampu memainkan peran dlm melakukan transformasi dalam segala bidang," tegasnya

Selain itu, lanjut Hadi Sasmito, KAUJE sebagai wadah alumni juga harus mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan Universitas Jember, melalui bentuk kerjasama. 

"Kedepan KAUJE harus memiliki rencana program yang tidak hanya dalam bentuk pertemuan pertemuan, tetapi harus lebih kongkrit dan produktif," tandasnya.

Sedangkan peran lain, kata Hadi Sasmito, KAUJE bisa mendorong dan menyampaikan pesan, tidak hanya kepada alumni, tetapi juga para mahasiswa.

"Sehingga terbangun kepercayaan dan keyakinan serta kebanggaan bahwa UNEJ adalah universitas yang dapat dibanggakan, karena banyak alumni yang menduduki level penting baik di eksekutif, legeslatif maupun yudikatif," jelasnya. 

Apresiasi Rektor UNEJ Terhadap KUJE

Mengutip sekarkijang.com, Rektor Unej Dr Ir Iwan Taruna, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus KAUJE Korda Jember yang baru dilantik. 

Baca Juga: Sekda Jember Kumpulkan OPD Minta Maksimalkan Layanan Informasi Publik 

“Kami ucapkan selamat kepada pengurus KAUJE Korda Jember. Memang tidak mudah mengonsolidasi alumni, alumni Unej sudah ribuan, tetapi yang bersedia untuk mengabdi melalui KAUJE tidak banyak,” ujarnya.

Iwan menegaskan pentingnya keberadaan alumni bagi perguruan tinggi.

"Perkumpulan alumni penting bagi perguruan tinggi, kalau alumni sukses dimana-mana, alumni Unej banyak berperan di pusat, seperti wakil ketua KPK, wakil ketua MA, ketua dewan pers, Ombusman dan masih banyak lagi. Makanya sepanjang ada waktu saya menyempatkan hadir. Kita harus bersinergi dengan KAUJE,” ujarnya.

Iwan berharap ada kerjasama lebih erat antara PP KAUJE, korda-korda  KAUJE dengan Unej untuk lebih membesarkan Kampus Tegalboto.  

“Peran aktif para alumni sangat kami nantikan,” ujarnya.

Peran KUJE 

Wasekjen PP KAUJE Dr Hendra Kurniawan KH, juga mengucapkan selamat atas pengukuhan KAUJE Korda Jember. 

Baca Juga: Alumni Unej Sodorkan Konsep Jitu Majukan Jatim 5 Tahun ke Depan

Hendra menjelaskan, saat ini paling tidak sudah ada 8 organisasi KAUJE, antara lain  KAUJE Korwil Jatim, Korwil Jawa Barat, Korwil DKI Jakarta, Korda Madura, ada  korda lain seperti Korda Gresik, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan. KAUJE Korda Blitar, Tulungagung,  Trenggalek, komisariat KAUJE yang dilantik seperti KAUJE Komisariat Farmasi, Komisarat MIPA dan Komisariat Hukum. 

"Termasuk menghidupkan KAUJE  lama yang mati suri, termasuk Jember. Kita berkomitmen untuk menggaungkan KAUJE agar lebih dikenal. Kedepan kita ingin kegiatan yang lebih mambranding,” ujarnya

Lantas Hendra menjelaskan, PP KAUJE periode ini sudah cukup banyak berbuat. 

Diantaranya, kegiatan yang diselenggarakan di Jalan Gembira Nasional I  di GBK Jakarta, KAUJE Golf Turnamen,  JGN  2 di Malang pada 26 Mei 2024, menjadi program terakhir periode pertama. 

"Kita sengaja pilih Malang, karena posisi agak tengah. Informasi terakhir sudah 4.400 yang daftar dari target 3.000, dari semua pendaftar 25 persennya peserta dari Fakultas Ekonomi 942. Disusul Fakultas hukum 700-an kemudian Fakultas Pertanian 500,” ujarnya.

Susunan Pengurus 

Berikut susunan pengurus inti KAUJE Korda Jember: 

  • Ketua Umum Drs. Marthius Affandi, M.Pd, Ketua I Dr. Sumadi,
  • Ketua II Dr. Akhmad Toha, M.Si, Sekretaris Umum Dr. Rendra Wirawan, S.E., M.M. 
  • Sekretaris I Dora Indriana, S.Pd., M.Pd, Sekretaris II Dr. Frenza Fairuz Firmansyah, S.Pd., M.Pd.
  • Bendahara Umum Abdul Kholik, S.E, Bendahara I Dr. R.A. Rini Anggraini, S.H., M.H dan
  • Bendahara II Liliana Kartika Sari, S.E.  (MMT)

Editor : Miftahul Rachman