Kantor Imigrasi Tanjung Perak Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang di Bojonegoro

Reporter : -
Kantor Imigrasi Tanjung Perak Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang di Bojonegoro
Ket Foto:- sosialisasi pencegahan TPPO di Pendopo Kecamatan Purwosari Bojonegoro,Rabu (15/04/2024)

Bojonegoro,JatimUPdate.id,- Dalam upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan sosialisasi pencegahan TPPO.

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Purwosari pada Rabu (15/05/2024) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya TPPO serta pentingnya upaya pencegahan.

Baca Juga: Apresiasi Pj Gubernur Jatim Kepada Pemkab Bojonegoro pada Pembukaan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa

Slamet Wahono, Kepala Seksi Ijin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Tanjung Perak, menyampaikan bahwa TPPO merupakan kejahatan serius yang memerlukan penanganan serius dan kerjasama dari semua pihak terkait.

Menurutnya, korban perdagangan orang cenderung meningkat, dan hal ini perlu diantisipasi sejak dini. Oleh karena itu, sosialisasi seperti ini sangat penting untuk dilakukan.

TPPO sendiri mencakup tindakan perekrutan, pengiriman, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan dan penculikan untuk tujuan eksploitasi atau memanfaatkannya secara tidak manusiawi.

Baca Juga: Langgar Aturan Keimigrasian, 2 WNA China Dideportasi Imigrasi Tanjung Perak

Slamet menekankan bahwa pencegahan dan penanganan TPPO tidak bisa optimal tanpa peran aktif dari masyarakat. Oleh karena itu, Disnaker Kabupaten Bojonegoro dan Kantor Imigrasi Tanjung Perak bekerja sama untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, masyarakat diberikan pemahaman tentang bahaya TPPO serta diberi pengetahuan tentang tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Termasuk di antaranya adalah berperan aktif dalam mencegah dan melaporkan kasus yang diketahui serta mengarahkan anggota keluarga untuk lebih hati-hati dalam berteman.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari Studi Tiru Ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya terobosan baru dari Direktorat Imigrasi yang akan diterapkan melalui Desa Binaan. Dengan adanya Desa Binaan, diharapkan aparat desa dan masyarakat dapat lebih memahami permasalahan keimigrasian serta pentingnya pencegahan TPPO.

"Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari menjadi korban TPPO serta lebih memahami pentingnya pengetahuan tentang keimigrasian," ujar Slamet Wahono.(Yh/NT)

Editor : Yuris P Hidayat