DPMD Jawa Timur Menggelar Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan

Reporter : -
DPMD Jawa Timur Menggelar Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan
Rapat Seleksi Administrasi dan Technical Meeting Lomba Video Kreatif di ruang rapat Gema Desa kantor DPMD Provinsi Jawa Timur pada Selasa (14/05/2024).

Surabaya, JatimUPdate.id,- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur akan mengadakan Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan tahun 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang apresiasi dan motivasi bagi masyarakat untuk menggerakkan ekonomi serta mempromosikan potensi desa.

Endah Wahyuni, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa, menyampaikan hal tersebut saat membuka Rapat Seleksi Administrasi dan Technical Meeting Lomba Video Kreatif di ruang rapat Gema Desa kantor DPMD Provinsi Jawa Timur pada Selasa (14/05/2024).

Baca Juga: Dana Desa Rp 5 milyar, Konsisten Membangun Indonesia Dari Pinggiran Buat Desa Semakin Berdaya

"Diharapkan lomba ini dapat menghasilkan promosi yang lebih baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mempercepat pergerakan ekonomi di pedesaan," ujarnya.

Endah juga menambahkan bahwa tema lomba kali ini adalah "Mempromosikan Desa untuk Percepatan Ekonomi Jawa Timur". Tujuannya adalah untuk mendorong kegiatan perekonomian pedesaan, termasuk mempromosikan usaha ekonomi masyarakat desa, potensi desa, dan Produk Unggulan Desa (PUD).

Baca Juga: 10 KED Desa Mandiri di Gresik Hasil Inisiasi BKK Desa Berdaya, Ada 5 KED Yang Berbasis Wisata Telaga

Sebelum mengikuti lomba, para peserta telah mengikuti pelatihan atau workshop pembuatan video yang diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur pada bulan Maret lalu. Meskipun hanya 24 peserta dari 27 kabupaten/kota yang mengirimkan karya, namun terdapat 27 desa dan kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah mengikuti workshop tersebut.

Telah dilakukan penilaian administratif terhadap 24 karya yang masuk, memastikan bahwa karya-karya tersebut memenuhi kriteria persyaratan lomba. Selanjutnya, akan dipilih 5 karya terbaik berdasarkan aspek teknik, aspek non-teknis, dan aspek komersial.

Baca Juga: Pemdes Giri Sulap Lahan Kosong 1.300 meter Persegi Jadi KED Wisata Giri Kuno

Sebanyak 10 anggota tim juri dari berbagai unsur, seperti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akademisi dari perguruan tinggi, dan media televisi, telah ditunjuk dari DPMD Jawa Timur untuk melakukan penilaian terhadap karya-karya tersebut.

Para juri akan melakukan verifikasi dan penilaian lapangan pada awal Juni di lima titik sesuai lokasi para peserta yang masuk dalam kategori 5 besar. Hal ini menjadi langkah penting dalam menentukan pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan tahun 2024.(YH)
 
 
 
 
 

Editor : Yuris P Hidayat