Catatan Mas AAS

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional: 20 Mei 2024!

Reporter : -
Refleksi Hari Kebangkitan Nasional: 20 Mei 2024!
Mas AAS

Bangun pagi, membuka pintu, lalu melihat langit di timur. Semburat kekuningan mentari telah siap menyinari bumi.

Tepat pada hari ini, 20 Mei 2024. Bangsa ini diingatkan kembali oleh sejarah perihal tentang lahirnya keinginan yang sama untuk bangkit, dengan gagah berjuang mengusir penjajah di saat itu. Mashur kemudian di hari ini menjadi hari yang bersejarah "Hari Kebangkitan Nasional".

Baca Juga: Seorang Pemimpin Sejati bukanlah Pencari Konsesus: Ia Pembentuk Konsesus

Semua hasrat untuk bangkit sebagai sebuah bangsa yang merdeka, diinisiasi dengan lahirnya organisasi "Boedi Oetomo" 116 tahun yang lampau, tahun 1908.

Lalu setiap penghuni dari negeri yang besar ini. Saat bangun dari tidur panjangnya semalam. Pada pagi ini tengah berpikir ulang, memanggil ingatan masing-masing. "Apakah benar negeri ini sudah bangkit lahir dan batinnya, sudah sejahtera aspek fisik dan mentalnya, sudah maju bangunan ekonomi masyarakat nya?" Semua entitas baik pemimpin dan rakyat di negeri ini sedang diajak berpikir ulang, mengevaluasi ulang, dan berbenah ulang, harapan nya begitu.

Dengan gahar dan menggelegar pada saat itu. Seorang tokoh bangsa Tan Malaka pernah berujar demikian," Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu bangsa, kecuali bangsa itu sendiri yang mengubah nasibnya!" Hal ini memberi pesan yang sangat kuat bahwa nasib dan masa depan negeri ini benar-benar ditangan pemimpin dan semua entitas hidup yang berada di negeri tercinta ini, tanpa terkecuali. Dengan segenap kontribusi aktif yang mampu kita sumbangkan untuk negeri. Spirit demikian tentunya yang terus kita rabuk dalam jiwa dan sanubari ini.

Seorang kolega yang terpilih menjadi legislator RI dan bersiap menjalankan amanah dan berkantor di gedung DPR RI Senayan, semoga membawa spirit hari kebangkitan nasional hari ini dalam laku hidupnya sehari-hari untuk terus berjuang memajukan negeri. Seorang yunior yang telah menjadi seorang guru besar di kampus negeri ternama, semoga selalu aktif mendidik rakyatnya untuk bekerja meraih masa depan hidup nya yang gemilang di kemudian hari. Seorang senior yang diamanahi menjadi Direktur sebuah BUMN semoga tetap sadar lan eling memimpin perusahaan negara ini dengan spirit hari kebangkitan nasional dalam setiap keputusan besar yang dibuatnya. Dan tak lupa juga bagi penulis, tetap bersemangat mengabarkan berita kebaikan yang mampu dibuat oleh para tunas muda calon pemimpin bangsa di masa depan, dalam laku kegiatan nya sehari-hari sebagai seorang pendidik! Apapun posisi kita sekarang tak menyurutkan nyali untuk terus berjuang memakmurkan negeri. Itulah esensi spirit hari kebangkitan nasional di era millenial sekarang.

Baca Juga: Masjid yang Viral di Surabaya: Karena Melayani Kebutuhan Seluruh Umat

Semangat Hari Kebangkitan Nasional masih relevan hingga saat ini. Di era modern, bangsa ini masih dihadapkan pada tantangan yang tidak kecil: kemiskinan, kesenjangan sosial, dan korupsi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, setiap entitas yang hidup di negeri ini. Perlu mewarisi semangat juang yang sama seperti yang ditunjukkan oleh para pemuda di tahun 1908.

Mari kita jadikan Hari Kebangkitan Nasional ini. Sebagai momen untuk membangkitkan semangat juang dalam diri kita masing-masing. Untuk bersama-sama berkontribusi untuk membangun bangsa ini lebih maju, adil, dan sejahtera.

Semoga spirit itu, utamanya dimiliki oleh para pemimpin di negeri ini. Karena mereka yang punya tongkat komando untuk men-drive laku kemudi kepemimpinan negeri.

Baca Juga: Hargai Semua yang Anda Miliki

Demikian...


AAS, 20 Mei 2024
Fasum Perumahan Rungkut Asri Barat, Rungkut Surabaya

Editor : Nasirudin