Gempa Bumi Guncang Malang Selatan dengan Kekuatan 5.3 SR

Reporter : -
Gempa Bumi Guncang Malang Selatan dengan Kekuatan 5.3 SR
Gempa 5,4 SR

Malang, JatimUPdate.id,- Pada Selasa Dinihari tanggal 21 Mei 2024, pukul 02:42:13 WIB, gempa bumi dengan kekuatan 5.3 Skala Richter mengguncang wilayah tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Data BMKG menunjukkan gempa ini berpusat di koordinat 9.28 LS dan 112.61 BT, dengan kedalaman 10 kilometer pantai selatan (pansela) Jawa Timur tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Harga Wedung Pace Selangit, Pataji Nuso Barong Minta Pemkab Jember Selamatkan Warisan Leluhur 

Getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah sekitarnya, mulai jember hingga lumajang namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan signifikan atau korban jiwa akibat peristiwa ini.

Baca Juga: Kunjungi Pameran dan Bursa Ekraf 2024, Pataji Nuso Barong Berkomitmen Lakukan Edukasi

Yang menarik, gempa ini terjadi di lokasi yang berdekatan, dengan kedalaman yang sama, kekuatan Magnitudo yang nyaris sama, dan di jam yang hampir sama dengan gempa yang terjadi 10 hari lalu. Fenomena ini membuat banyak pihak bertanya-tanya tentang hubungan antara kedua gempa tersebut.

Pihak berwenang terus memantau situasi dan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang namun waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

Baca Juga: Susun Grand Desain Ekoriparian Sungai Desa Pakiskembar, Gelar FGD Bareng Lintas OPD dan Pendamping Desa

Gempa bumi ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di wilayah yang rawan gempa seperti Indonesia. Semoga Allah selalu melindungi kita semua, dan tidak ada korban dalam kejadian ini.(YC/NT)

Editor : Nasirudin