BNI Dukung Penuh Fishlog

Reporter : -
BNI Dukung Penuh Fishlog
Foto istimewa

Jakarta,JatimUPdate.id- PT BNI Modal Ventura atau BNI Ventures (BNV) terus berkomitmen dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan sektor perikanan berbasis teknologi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pendanaan kepada startup aqua-tech, Fishlog.

Pendanaan lanjutan Pra-Seri A ini tidak hanya disuntik BNI Ventures, tetapi juga melibatkan Mandiri Capital Indonesia, Accel Partners, Insignia Ventures Partners, dan Saison Capital.

CEO BNI Ventures Eddi Danusaputro mengungkapkan langkah strategis tersebut diharapkan dapat memperkuat ekosistem perikanan di Indonesia dan mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.

"BNI Ventures menatap masa depan sektor perikanan Indonesia dengan optimisme yang dapat diwujudkan melalui platform inovatif seperti Fishlog," kata Eddi dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/05/2024).

Fishlog merupakan platform perikanan yang menghubungkan cold-chain storage perikanan nasional dengan melibatkan partisipasi komunitas.

Platform ini bertujuan untuk meningkatkan utilitas penyimpanan dengan melibatkan lebih banyak nelayan, distributor, dan pembeli sehingga mempermudah rantai pasokan produk perikanan dengan proses yang efisien dan distribusi berkelanjutan.

Fishlog juga berkolaborasi dengan pemasok melalui model bisnis Joint Operation untuk mengembangkan bisnis bersama dan menyediakan dukungan pembiayaan bagi pelaku perikanan. Di sisi pembeli, Fishlog menciptakan pasar ikan digital untuk memfasilitasi transaksi dengan lebih efisien.

"Melalui platform Fishlog, efisiensi dan transparansi dalam rantai pasokan perikanan dapat ditingkatkan, menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi para pelaku industri perikanan di Indonesia, serta memberdayakan banyak tenaga kerja nelayan," ungkap Eddi.

Dengan memfasilitasi berbagai aspek bisnis, Fishlog membantu nelayan memperoleh pendapatan yang lebih baik dari hasil tangkapan mereka. Fishlog juga mendukung keberlanjutan sumber daya perikanan dengan pendekatan yang bijak dalam menangkap ikan.

"Melalui investasi di Fishlog, BNI Ventures berupaya untuk dapat meningkatkan keuangan inklusif bagi para nelayan, melalui sinergi produk dan layanan BNI group ke dalam ekosistem Fishlog mulai dari layanan transaksional, produk tabungan, hingga BNI Xpora," kata Eddi. (Dan)

Editor : Yoyok Ajar