MD KAHMI Kota Batu Bangkit Bersinergi Membangun Kota Batu

Reporter : -
MD KAHMI Kota Batu Bangkit Bersinergi Membangun Kota Batu
Pengukuhan MD KAHMI Kota Batu

Batu – JatimUpdate.id - MD KAHMI Kota Batu periode 2023-2028 resmi dikukuhkan, Mengusung tema Bangkit dan Bersinergi Membangun Kota Batu.

Pengukuhan dilakukan oleh Majelis Wilayah Majelis Daerah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jawa Timur di gedung Graha Pancasila Kota Batu, Sabtu (25/5/24).

Hadir dalam pengukuhan tersebut Sekjen Majelis Nasional KAHMI, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA. Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI dan Peneliti Utama Politik BRIN, serta tamu undangan dari organisasi kemasyarakatan dan Forkopinda Kota Batu.

H. Dian Fahroni Kurniawan dilantik sebagai Koordinator Presidium KAHMI Kota Batu. Sementara posisi presidium ditempati oleh R. Adi Satrio Widodo, Indarto A., Dekki Umamur Rais, dan Eri Hendro Kusuma.

Saat memberikan sambutan, Koordinator Presidium KAHMI Kota Malang, H. Dian Fahroni Kurniawan menyampaikan, misi MD KAHMI Kota Batu kedepannya adalah bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Batu untuk bersama-sama membangun Kota Batu.

“Ketika kami di HMI, kami selalu berpedoman pada tujuan HMI, yang kita kenal dengan Lima Insan Cita. Kami punya tanggung jawab besar untuk terus membumikan tujuan tersebut," ujarnya.

Dian Fahroni menyampaikan bahwa  KAHMI adalah sekumpulan orang yang terdiri dari berbagai macam latar belakang profesi dan keahlian. Ada akademisi, profesional, pengusaha, budayawan, agamawan, politisi, dan pegiat sosial lainnya.

"Ini adalah modal sosial KAHMI yang bisa dimanfaatkan oleh Kota Batu,” ucap Dian Fahroni.

Menurutnya, dengan latar belakang tersebut, KAHMI Kota Batu siap bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat kota batu untuk selalu terlibat dalam setiap proses tumbuh kembang Kota Batu Kedepannya.

Sementara, Haruna Sumitro yang mewakili MW KAHMI Jawa Timur, berpesan kepada seluruh jajaran warga MD KAHMI Batu untuk terus mengamalkan tujuan HMI.

“Amalkan Tujuan HMI. Bangunlah Kota Batu. Berikan kemanfaatan kepada Kota Batu melalui pengabdian dan penciptaan ide serta gagasan bagi Kota Batu. Dorong terus agar Kota Batu bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisa mencapai kemakmuran dan berkeadilan,” ucap Haruna.

Bagi Prof. Siti Zuhro yang didapuk untuk mengisi sesi studium general menyampaikan rasa kagumnya atas perkembangan Kota Batu.

“Ini pertama kali saya ke Kota Kota Batu, walaupun saya sering ke Kota Malang. Saya kagum dengan kota ini. Kota ini merupakan Daerah pemekaran yang pertumbuhannya sangat luar biasa. Kota yang sangat inovatif dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakatnya,” ucap Wiwik panggilan Siti Zuhro.

Daerah ini adalah Kota, tapi kesan Pedesaannya masih belum Hilang. Wiwik   punya permintaan khusus kepada KAHMI Kota Batu untuk membantu Pemerintah Daerah mengembangkan Desa-desa yang ada di Kota Batu.

"Saya di BRIN menyusun buku modul pengembangan desa, nanti buku-buku tersebut akan saya serahkan kepada KAHMI untuk kemudian dikolaborasikan dengan Pemerintah Kota Batu,” Tambah wiwik.

Dalam sambutan lainnya, PJ. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, meminta KAHMI Kota Batu menjadi salah satu Motor penggerak pembangunan Kota Batu.

“Kami memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Saya berharap KAHMI menjadi salah satu kolaborator Pemerintah Daerah dalam membangun Kota Batu. Sinergi ini Penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif,” ucap Aries dalam sambutannya.

Menurutnya, di era Digital, KAHMI harus menjadi Pioneer dalam pemanfaatan teknologi untuk kepentingan masyarakat Kota Batu. KAHMI harus terlibat dalam pemberdayaan ekonomi kreatif.

“KAHMI Kota Batu harus berperan aktif dalam peningkatan kualitas SDM Kota Batu,” harap Aries.

Pengukuhan MD KAHMI Kota batu periode 2023-2028 merupakan hasil Musyawarah Daerah yang dilaksanakan pada tahun 2023.

Namun, pelantikan baru dilaksanakan satu tahun berikutnya, disebabkan bersamaan dengan proses demokrasi lima tahunan Indonesia.

Selain mengukuhkan 8 Dewan Pakar, 6 Dewan Penasehat, 5 Presidium, dan 29 Pengurus Harian. MD KAHMI Kota Batu juga mengukuhkan jajaran Pengurus FORHATI yang terdiri dari lima Presidium. (#)

Editor : Redaksi