Hasil Rakernas PDIP V, Baktiono: Petahana Bakal Diusung Kembali pada Pilkada Serentak 2024

Reporter : -
Hasil Rakernas PDIP V, Baktiono: Petahana Bakal Diusung Kembali pada Pilkada Serentak 2024
Baktiono dok Jatimupdate.id

Surabaya,JatimUPdate.id - Sekretaris PDIP Surabaya Baktiono mengatakan, hasil Rakernas PDI Pejuangan V untuk Pilkada Serentak 2024 petahana atau incumbent diminta atau diusung kembali sebagai bakal calon kepala daerah (Bacakada).

Baktiono menyebut, DPC PDIP Surabaya sudah menerima pendaftaran Eri Cahyadi dan Armuji, kemudian disampaikan ke DPP PDI Perjuangan melalui DPD PDIP Jatim.

Baca Juga: Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Bondowoso: Semarak dengan Maskot 'Si Konah' dan Konser Band Letto

"Hasil Rakernas PDI Perjuangan V incumbent dicalonkan kembali dan DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya hanya menerima pendaftaran. Selanjutnya disampaikan ke DPP PDIP di Jakarta melalui DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur, untuk Pemilukada," kata Baktiono Selasa (28/5).

Ketua Komisi C DPRD Surabaya itu menambahkan, hasil Rakernas PDI Perjuangan V juga menginstruksikan, kader, simpatisan dan anggota mengamankan rekomendasi dan memenangkan pemilukada. 

Sayangnya, Baktiono belum mengungkapkan siapa yang mendapatkan rekomendasi atau surat tugas DPP PDI Pejuangan untuk Pilkada Surabaya.

"Sampai sekarang belum, cuma kita sudah menerima pendaftaran Eri Cahyadi dan Armuji," beber Baktiono. 

Baca Juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Baktiono membeberkan, pada Rakernas PDI Pejuangan V kota/kabupaten mendapatkan atensi bisa mencalonkan kepada daerah sendiri. 

Pun diimbau lebih semangat untuk memenangkan Pilkada Serentak 2024, karena untuk kota dan kabupaten jumlah kursi PDI Perjuangan bertambah.

"Semua mendapat atensi dan ada 100 lebih yang bisa mengajukan sendiri untuk maju bakal calon kepala daerah untuk kota/ Kabupaten seluruh Indonesia," terang Ketua Komisi C DPRD Surabaya itu.

Baca Juga: Diseminasi Media yang Berkualitas, Demi Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai

Maka untuk daerah yang memperoleh kursi lebih dari 20 persen bisa mengusung kepala daerah sendiri. Sedangkan yang tidak sampai 20%, menurut Baktiono bisa bergabung dan mengajak kerjasama dengan partai lain.

"Kita kan hanya Pilpres yang belum berhasil, tapi untuk kota dan kabupaten jumlah kursi PDI Perjuangan itu malah bertambah, untuk daerah yang bisa mencalonkan sendiri yang perolehan kursinya lebih dari 20% dan juga yang tidak 20%, bisa tergabung dan mengajak kerjasama dengan partai lain," demikian Baktiono.

Editor : Nasirudin