Pameran Pendidikan di Lamongan Wujudkan Kurikulum Merdeka Belajar

Reporter : -
Pameran Pendidikan di Lamongan Wujudkan Kurikulum Merdeka Belajar
Pameran Pendidikan selama tiga hari, dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2024, di Sport Center Lamongan

Lamongan, JatimUPdate.id,- Pemerintah Kabupaten Lamongan terus menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar di berbagai bidang. Sebagai salah satu upayanya, digelar Pameran Pendidikan selama tiga hari, dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2024, di Sport Center Lamongan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan, menyatakan bahwa pameran pendidikan ini menjadi ajang bagi pelajar dan guru untuk berinovasi dan berkreasi dalam kerangka Merdeka Belajar. "Pameran pendidikan tidak hanya mengasah dan mengasuh kita semua, adanya kurikulum Merdeka Belajar ini membuat kita senantiasa berinovasi, terutama di jajaran Dinas Pendidikan," ujar Nalikan dalam rilis humas Pemerintah Kabupaten Lamongan pada Selasa (28/5/2024).

Baca Juga: Sujud Syukur Kepala desa Siser Laren Lamongan Terima SK Perpanjangan

Pameran yang rutin diadakan setiap tahun ini menampilkan berbagai hasil inovasi dan kreativitas pelajar Lamongan, mulai dari kesenian, produk olahan, hingga hasil belajar dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi. Dengan tema "Bergerak Bersama dengan Kurikulum Merdeka Melahirkan SDM Lamongan yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan," pameran ini diikuti oleh 98 stand yang terdiri dari PAUD, SD, SMP, SMA, Kemenag, perguruan tinggi di Lamongan, serta perusahaan dan organisasi.

Nalikan juga menekankan pentingnya lokakarya guru penggerak dan guru pengimbasan sebagai bagian dari implementasi kurikulum Merdeka Belajar, yang setiap tahun menunjukkan peningkatan. "Ini memberikan gambaran bagaimana ke depan anak-anak tidak hanya pandai dalam teori tetapi juga pandai berinovasi di dunia nyata," tambahnya.

Baca Juga: Yuhronur Resmikan Fasilitas NICU di RSUD Ngimbang, Dukung Peningkatan Layanan Kesehatan

Pameran pendidikan ini tidak hanya menggelorakan semangat belajar anak-anak, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian UMKM setempat dengan keikutsertaan mereka dalam event ini. "Upaya ini juga mendorong pergerakan ekonomi UMKM. Gerakan 'Ayo Ditumbasi, Ayo Beli Produk Lamongan' terus bergerak memberikan ruang yang cukup untuk UMKM yang ikut serta dalam pameran," terang Nalikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Munif Syarif, mengungkapkan bahwa pameran pendidikan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, dengan berbagai kompetisi dan kreasi yang menarik, seperti lomba essay, lomba tarian daerah, lomba cerdas cermat, lomba mewarnai, lomba business plan competition, hingga education and job fair.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Lamongan: Pandangan Umum Tujuh Fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Pameran Pendidikan di Lamongan ini diharapkan dapat terus memotivasi para pelajar dan guru untuk berinovasi dan berkreasi, sekaligus mendorong tumbuhnya perekonomian lokal melalui partisipasi UMKM. Dengan demikian, generasi muda Lamongan dapat menjadi SDM yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan.(ZB)

Editor : Nasirudin