Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Bawean, Begini Pesan Sekda Achmad Washil

Reporter : -
Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Bawean, Begini Pesan Sekda Achmad Washil
Sekda Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman melepas calon haji asal Pulau Bawean, Sangkapura, Rabu (29/5/2024).

Gresik, JatimUPdate.id,- Sebanyak 15 jamaah calon haji asal Bawean dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman di halaman Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Babussalam, Sangkapura, Rabu (29/5/2024).

Pelepasan yang diiringi dengan kalimat talbiyah tersebut membuat suasana menjadi haru. Tak sedikit dari mereka yang meneteskan air mata kebahagiaan, karena keluarga maupun saudaranya akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Baca Juga: Bupati Blitar Berangkatkan JCH, Ingatkan Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Sekda Gresik Achmad Washil, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada tamu Allah yang akan berangkat ke tanah suci. Harapannya, mudah-mudahan diberikan kesehatan, keselamatan dan kelancaran selama menjalankan ibadah di tanah suci.

"Semoga diberikan kesehatan dan keselamatan serta kekuatan. sehingga bisa menyelesaikan semua rangkaian ibadah haji dan kembali lagi dengan selamat dan menyandang gelar Haji yang mabrur dan mabrurah," tuturnya.

Dikatakan, informasi awal dari bandara para jamaah harus sudah menggunakan ihrom, kemudian di Makkah insya Allah jamaah asal Gresik berkumpul di mifalah. Posisi untuk suhu disana diperkirakan 35 hingga 40 derajat. Maka kesiapan fisik harus dalam kondisi baik dan stabil.

"Selain itu, perlu diperhatikan adalah ketaatan saat menjalankan ibadah. Cari ibadah yang tidak melanggar, karena aturan disana berbeda dengan di Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Gresik dan Kajati Jatim Berikan Bantuan Sosial untuk Korban Gempa di Bawean

Demi kelancaran menjalankan ibadah haji, pihaknya mengimbau kepada para calon jamaah agar selalu menjaga kesehatan serta mengikuti segala arahan dari para petugas haji.

"Jaga pola makan, kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Kemudian menjaga seluruh barang dan tetap menjaga kekompakan antar jamaah sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar," pungkasnya.

Sementara, koordinator KBIHU Babussalam cabang Bawean Zubaidi dalam laporannya mengatakan, ada sebanyak 22 jamaah calon haji asal Bawean. Di antaranya 6 orang jamaah calon haji dari Kecamatan Tambak dan 16 dari Kecamatan Sangkapura.

Baca Juga: Penuh Haru Pelepasan 517 Jamaah Calon Haji Kabupaten Pidie oleh Pj Bupati Ir Wahyudi Adisiswanto

"Yang sudah mendahului berangkat ke daratan kemarin 7 orang jamaah calon haji. Yang berangkat pada hari ini dari KBIHU Babussalam cabang Bawean 15 orang," singkatnya.

Hadir dalam pelepasan, Camat Sangkapura Umar Junid, Danramil Sangkapura Kapt Inf Pariono, Kepala KUA dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sangkapura.(YH/ZB)

Editor : Yuris P Hidayat