Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Gelar Lomba Sekolah Inspirasi dan Literasi Digital

Reporter : -
Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Gelar Lomba Sekolah Inspirasi dan Literasi Digital
Lomba Sekolah Inspirasi dan Literasi Digital realisasi program Nawakarsa Gresik Cerdas, di Gedung Nasional Indonesia, Kamis (30/05/2024)

Gresik, JatimUPdate.id,- Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik menggelar Lomba Sekolah Inspirasi dan Literasi Digital di Gedung Nasional Indonesia, Kamis (30/05/2024). Acara ini merupakan bagian dari realisasi program Nawakarsa Gresik Cerdas yang diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik, yang berfokus pada pendidikan ramah anak.

Program Nawakarsa Gresik Cerdas mencakup sembilan aspek utama, antara lain tuntas baca tulis Al-Quran, kelas tahfidz, sejarah lokal, keterampilan lokal, kebijakan regulasi sekolah ramah anak, proses belajar sekolah ramah anak, penghapusan tiga dosa besar pendidikan (intoleransi, perundungan, dan kekerasan), rapor pendidikan, dan sekolah adiwiyata.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Dorong BPJS Kesehatan Wujudkan Universal Health Coverage

Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB ini diawali dengan pembuatan dan pengumpulan video lomba dari masing-masing peserta. Terdapat berbagai kategori dalam lomba ini, termasuk literasi digital kategori terbaik, literasi digital kategori video favorit, literasi digital kategori video terbaik, sekolah inspirasi kategori terbaik, sekolah inspirasi kategori video terbaik, dan sekolah inspirasi kategori video favorit. Lomba Nawakarsa Award Gresik Cerdas ini diikuti oleh 44 sekolah dan 42 siswa SMP se-Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Bank Jatim dan PT. BKMS Menandatangani MoU untuk Pengembangan Kawasan JIIPE

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Gresik S. Haryanto, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Misbahul Munir, serta OPD dan Kepala UPT SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Gresik. Kepala Dinas Pendidikan Gresik, S. Haryanto, menyampaikan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk menyediakan wadah bagi kecakapan teknologi yang bijak dan bertanggung jawab, baik bagi sekolah maupun siswa SMP se-Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Pj Gubernur Jawa Timur menghadiri Kontes Bandeng Kawak Tahun 2024 di Gresik

Mewakili Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Misbahul Munir, menyampaikan harapan agar sekolah dapat melaksanakan seluruh program yang telah disusun dan diinstruksikan kepada anak didik. "Tujuannya agar siswa dapat berinovasi, berprestasi, dan meningkatkan literasi digital," ujarnya. Dengan program ini, diharapkan literasi digital di Kabupaten Gresik dapat meningkat, sehingga siswa dapat lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi, serta mampu berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang.(Yh/YC)

Editor : Yuris P Hidayat