Enaknya Soto Ayam Santan Khas Blitar, Yuk Intip Resepnya

Reporter : -
Enaknya Soto Ayam Santan Khas Blitar, Yuk Intip Resepnya
Soto Ayam Santan Khas Blitar, (Cookpad/@mamalina)

Blitar, JatimUpdate.id - Bagi anda yang ingin tahu resep soto ayam santan khas Blitar, simak baik-baik resep cara membuat makanan ini dan bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan.

Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini. Begitu anda melihat, dijamin tidak rugi untuk mencicipinya. Apalagi saat menyantapnya bersama-sama keluarga tercinta.

Yuk langsung saja disimak cara membuat soto ayam santan khas Blitar seperti dilansir dari Cookpad, resep dari @mamalina.

Bahan-bahan:
- 500 Gram Daging Ayam
- 2 cm Lengkuas dimemarkan
- 2 cm Jahe dimemarkan
- 1 batang sereh di memarkan
- 4 lembar Daun Jeruk
- 2 lembar Daun salam
- 200 ml santan kelapa
- 2 liter Air
- 10 Siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 3 siung kemiri yang sudah digongso
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 2 cm kunyit dibakar
- 80 gram Touge pendek (capar)
- 2 ikat daun seledri
- 2 batang daun bawang
- 2 batang daun kucai
- 1 blok kaldu ayam
- garam gula merica
- 2 buah kentang (diiris tipis2)
2 butir telor ayam rebus. iris masing2 menjadi 4 bagian

Cara Membuatnya :
1. Rebus ayam bersama 2 liter air tambahkan jahe yang sudah dimemarkan. Tambahkan garam secukupnya, dan 1 blok kaldu ayam. Biarkan sampai mendidih.

2. Haluskan bumbu (bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, ketumbar, tambahkan garam dan merica secukupnya. Setelah halus kemudian tumis bumbu tersebut.

3. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis td kedalam air rebusan ayam. Tambahkan daun seledri yang diikat. Tambahkan juga batang sereh, dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk rata dan cicipi. Tambahkan gula dan merica sesuai selera.

4. Setelah itu masukkan 200 ml santan.

5. Angkat ayam yang sudah berwarna kuning, campurkan dengan 1sdm tepung terigu. Kemudian goreng. Tiriskan dan suir2 ayam.

6. Untuk bahan pelengkap Keripik Kentangnya potong kentang tipis rendam dalam air garam kemudian goreng dengan minyak sedang. Bila sudah kecoklatan angkat dan tiriskan.

7. Untuk bahan pelengkap sayur2an nya iris tipis2 kubis, daun bawang, kucai, seledri. Campurkan semua.

8. Sajikan kuah soto dengan irisan ayam, sayur2an pelengkap, keripik kentang dan telor ayam rebus. Taburi dengan bawang goreng. Soto ayam khas Blitar siap disantap. (*)

Editor : Anang AF