Menteri Desa Hadiri Wisuda Universitas Brawijaya, Ajak Alumni UB Bangun Indonesia dari Desa

Reporter : -
Menteri Desa Hadiri Wisuda Universitas Brawijaya, Ajak Alumni UB Bangun Indonesia dari Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof(Hc) Dr(Hc) Abdul Halim Iskandar hadir dalam dalam Wisuda Periode XVIII Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Brawiajaya

Malang, JatimUPdate.id,- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof(Hc) Dr(Hc) Abdul Halim Iskandar, yang akrab disapa Gus Halim, hadir dalam upacara wisuda Universitas Brawijaya pada Minggu, 9 Juni 2024. Kehadirannya dalam Wisuda Periode XVIII Tahun Akademik 2023/2024 tersebut memberikan semangat baru bagi para lulusan.

Dalam sambutannya, Gus Halim mengajak para alumni Universitas Brawijaya untuk bersama-sama membangun Indonesia mulai dari desa. "Pada kesempatan ini saya mengajak alumni Universitas Brawijaya untuk bersama-sama membangun Indonesia dari desa," ujar Gus Halim di hadapan para wisudawan dan wisudawati.

Baca Juga: Bupati Fandi Akhmad Yani Jajaki Kemungkinan Beri Tunjangan Akhir Masa Jabatan Kades

Gus Halim menekankan betapa krusialnya peran desa dalam pembangunan Indonesia. Menurutnya, desa merupakan pilar utama yang menopang kemajuan bangsa. "Kalau ekonomi desa maju maka Indonesia akan maju. Desa bebas stunting maka Indonesia juga bebas stunting. Jika desa bebas dari kemiskinan maka Indonesia lepas dari kemiskinan. Jika tidak ada warga desa yang bodoh maka Indonesia terbebas dari kebodohan," tegasnya.

Gus Halim juga mengapresiasi Universitas Brawijaya yang telah menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Ia berharap para alumni dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh untuk membangun desa-desa di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM APIP, Ini Pesan Bupati Blitar

Selain menghadiri wisuda sebagai tamu kehormatan, Gus Halim juga hadir untuk mewakili orang tua keponakannya yang lulus dalam wisuda tersebut. Keponakannya adalah salah satu lulusan yang meraih gelar sarjana pada hari itu, menambah kebanggaan keluarga besar Gus Halim.

Upacara wisuda ini dihadiri oleh ribuan lulusan beserta keluarga mereka, serta jajaran akademisi Universitas Brawijaya. Para lulusan terlihat antusias mendengarkan pidato inspiratif dari Gus Halim, yang memberikan motivasi untuk memulai langkah baru dalam kehidupan mereka dengan kontribusi nyata untuk pembangunan desa.

Baca Juga: Inisiasi Pembentukan Kawasan Pedesaan di Kecamatan Wonosari Mulai Digagas dengan Skema Bottom Up

Dengan semangat yang dibawa oleh Gus Halim, diharapkan para lulusan Universitas Brawijaya dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi desa-desa di Indonesia, dan pada gilirannya, untuk kemajuan Indonesia secara keseluruhan.(YH/HY)

Editor : Yuris P Hidayat