Musda Badko HMI JATENG-DIY Ibnu  Katsir Raih Simpati Senior 

Reporter : -
Musda Badko HMI JATENG-DIY Ibnu  Katsir Raih Simpati Senior 
Ibnu Katsir, Kandidat Ketum Badko HMI Jateng -DIY

Semarang – JatimUpdate.id - Musyawarah Daerah (Musda) ke-XXX Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (Badko HMI Jateng-DIY) akan segera digelar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Salah satu kandidat terkuat untuk posisi Ketua Umum (Ketum) adalah Ibnu Katsir, kader HMI dari Cabang Purwokerto.

Ibnu Katsir, yang dikenal luas karena kiprahnya sebagai aktivis dan pengusaha muda, kini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai cabang HMI serta para senior HMI di Jawa Tengah dan DIY. Dukungan ini semakin memperkuat posisinya sebagai kandidat yang layak dan memiliki potensi besar untuk memimpin Badko HMI Jateng-DIY.

Para pendukungnya mengakui keteladanan dan kegigihan Ibnu dalam berjuang, baik di bidang wirausaha maupun aktivisme. 

“Ibnu adalah sosok yang inspiratif, ia mampu mengatasi berbagai tantangan dan menjadi teladan bagi kami semua sehingga ia layak menjadi ketum badko selanjutnya,” ujar Bima salah satu senior HMI di Jawa Tengah pada Jum'at (7/06/2024).

Dukungan ini tidak terlepas dari perjalanan hidup Ibnu yang inspiratif. Sebelum terjun ke dunia aktivisme, Ibnu pernah menjadi pedagang kaki lima untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai mahasiswa. Kegigihannya berbuah manis ketika ia berhasil menyelesaikan studi Sarjana di UIN Syaifudin Zuhri dan sukses sebagai pengusaha ternak melalui platform digital Ternakbaik.id

“Saya pernah merasakan susahnya mengawali berbisnis, jadi saya ingin memudahkan anak-anak muda untuk mempelajari dan sukses dari bisnis,” kata Ibnu.

Dalam kontestasi Musda Badko HMI Jateng-DIY di tahun 2024, Ibnu mengusung visi untuk menjadikan aktivis-mahasiswa HMI lebih mandiri dan berdaya dengan potensi yang dimiliki. Ia menekankan pentingnya kemampuan berwirausaha untuk menyambut bonus demografi dan menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Dalam mempersiapkan kemajuan Indonesia di masa depan, perlu generasi muda yang mampu berdikari dan berdaya dengan tidak berpangku tangan.” ujarnya.

Dukungan dari cabang dan senior HMI di Jawa Tengah menjadi motivasi tambahan bagi Ibnu untuk terus berjuang. Mereka berharap Ibnu dapat membawa perubahan positif dan memaksimalkan potensi generasi muda, khususnya di Jateng dan DIY.

Dengan latar belakang yang kuat dan dukungan penuh dari berbagai pihak, Ibnu Katsir semakin mantap untuk maju sebagai kandidat Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY.

Strategi Silaturahmi dan Tepo Seliro

Sementara itu MC Kandidat, Fierdha Abdullah Ali menambahkan terkait strategi dan kemantapannya memenangkan Ibnu Katsir sebagai Ketum Badko HMI Jateng-DIY.

"Pihak kami menggunakan pendekatan kultural kedaerahan, karena HMI hidup di seluruh bumi nusantara ini memiliki ciri khasnya masing-masing, sehingga perlu di Jateng dan DIY ini menggunakan cara orang jawa yakni silaturahmi dan tepo sliro yang dikuatkan antar cabang," kata Ali di Sukoharjo pada Minggu (9/6/2024).

Ali menerangkan bahwa gagasan yang dibawa adalah intisari dari bangunan kepemimpinan HMI yang di kolaborasikan dengan nilai-nilai keluruhan yang ada di Jateng dan DIY.

"Masyarakat Jawa memiliki sistem nilai kepemimpinan hasta brata yang berupa 8 indikator kepemimpinan ideal, sedangkan di HMI kita memiliki NDP yang memuat konsep kepercayaan yang seimbang antara hubungan vertikal ketuhanan dan horizontal antar sesama manusia,"

Perpaduan nilai-nilai ke-HMI-an dan nilai kepemimpinan ala masyarakat jawa ini dipandang mampu mentransformasikan generasi muda yang lebih berdaya dan inovatif. (#)

Editor : Redaksi