Pembelajaran di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya Gunakan Media Carva 

Reporter : -
Pembelajaran di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya Gunakan Media Carva 
Keterangan Gambar: Pembelajaran di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya

Surabaya _ Jatimupdate.id_ Dara Sukma Wijaya salah satu mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya prodi Ilmu Komunikasi, gunakan media Carva, dalam pembiasaan penerapan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya melalui program Kampus Mengajar angkatan 7. 

Menurut Dara Sukma, media “Canva” diciptakan pada awal tahun 2012. Media tersebut merupakan media desain grafis yang penyebaran dalam penggunaan media Canva ini terbilang sangat cepat menyebar luas.

Dikarenakan media tersebut sangat dibutuhkan berbagai kalangan, seperti digunakan untuk desain grafis pembuatan poster, media presentasi, logo, dokumen, dan lain sebagainya. 

"Dalam penerapan di warga sekolah, seperti kepada bapak ibu guru SDN Putat Jaya II/78 Surabaya saya memberitahukan penerapan media Canva ini dapat digunakan untuk pembuatan surat menyurat atau pmbuatan jadwal admistrasi," jelas Dara. 

Lantas Dara mencontohkan pemakaian media Canva seperti salah satunya surat kepada wali murid dengan adanya pemberitahuan kegiatan selama bulan Ramadhan 1445H kemarin agar tidak terlihat polos.

"saya terapkan untuk menggunakan media canva agar lebih menarik dan lebih mudah dipahami," katanya.

Lalu untuk penerapan media Canva dalam sistem pembelajaran siswa SDN Putat Jaya II/378 Suarabaya, Dara membuatkan materi yang menarik dengan menggabungkan elemen-elemen yang ada di media tersebut, hingga tampilan materi lebih menarik dan siswa lebih interaktif dalam memperhatikan materi yang di berikan. 

"Misalnya, materi mengenai Literasi dan Numerasi dengan ditampilkan di layar proyektor pada saat melakukan pembelajarannya atau berupa print out lembar kertas," jelas Dara lagi. 

Bentuk soal Literasi yang dibuat menggunakan media Canva, seperti mencari huruf yang hilang, soal teka-teki literasi, dan lain sebagainya. Untuk soal Numerasi, meliputi berhitung pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian dalam bentuk semenarik mungkin.

Selama proses penerapan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sekolah dasar di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya, menggunakan media Canva sangat di terima dengan baik oleh warga sekolah. 

"Saya juga mendapatkan feedback dari siswa yang semakin interaktif dalam proses pembelajaran berlangsung serta lebih tanggap dalam menerima materi yang diberikan. Bapak ibu guru juga lebih mudah untuk membuat materi-materi, menyampaikan informasi, dan lain sebagainya," ujarnya.

"Dengan demikian saya harap adanya penerapan sistem pembelajaran menggunakan media Canva seperti ini dapat diteruskan atau bahkan dapat diterapkan oleh sekolah lainnya," imbuh Dara penuh harap. (#)

Editor : Redaksi