PPS Se Kecamatan Bondowoso Lantik Petugas Pantarlih

Reporter : -
PPS Se Kecamatan Bondowoso Lantik Petugas Pantarlih
Keterangan Gambar: Pelantikan Petugas Pantarlih di salah satu desa Kecamatan Bondowoso

Bondowoso _ JatimUpdate.id _ Dengan dimulainya tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan serentak 2024, berdasarkan PKPU Nomor 2 tahun 2024, PPS ( Panitia Pemungutan Suara) se-Kecamatan Bondowoso melakukan pelantikan petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih) secara serentak pada Senin, 24 Juni 2024.

Bertempat di kantor Desa / Kelurahan masing - masing, PPS melakukan pelantikan kepada Pantarlih yang akan bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian ( Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada 27 November mendatang.

Baca Juga: Pelantikan Anggota PPS Sidoarjo, Plt Bupati Subandi Tekankan Pentingnya Netralitas

Setelah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepada Pantarlih, selanjutnya para petugas Pantarlih ini menerima bimbingan teknis dan pengarahan dari PPS setempat terkait tugas yang harus dilaksanakan.

Diketahui untuk jumlah petugas Pantarlih sendiri berbeda untuk tiap TPS ( Tempat Pemungutan Suara). Ada TPS dengan hanya satu petugas, ada juga yang dua petugas tiap TPSnya, tergantung dari jumlah daftar pemilihnya di setiap TPS. 

Berdasarkan keputusan KPU Nomor 638 tahun 2024, untuk TPS dengan jumlah lebih dari 400 pemilih, maka akan ada dua petugas Pantarlih yang bertugas, sedangkan untuk TPS yang kurang dari 400 pemilih, maka hanya satu Pantarlih yang bertugas. 

Rahmad Dianulhakim, atau yang biasa dipanggil Dian, Ketua PPK Kecamatan Bondowoso mengatakan, untuk Kecamatan Bondowoso sendiri jumlah TPS berkurang dari Pemilu kemarin, otomatis berkurang juga jumlah Pantarlih yang akan bertugas.

Kecamatan Bondowoso dalam Pemilihan Serentak 2024 ini, jumlah Pantarlih yang akan bertugas sejumlah 213 petugas dari total 102 TPS se-Kecamatan Bondowoso dari 11 Desa/ Kelurahan.

Baca Juga: Kabar Duka PPS Desa Lebo Sidoarjo Meninggal Diduga Kecapekan 

" Untuk Pilkada ini, Kecamatan Kota jumlah jumlah TPS 102, berbeda dari pemilu kemarin berjumlah 222 TPS dengan jumlah Pantarlih pun 222 petugas. Untuk kali ini ada 213 petugas. Jadi tiap TPS ada yang satu atau dua petugas," terang Dian, yang juga Ketua PPK pada Pemilu 2024.

Dian menjelaskan bahwa pelantikan Pantarlih berjalan lancar dan dilakukan serentak pada hari dan tanggal yang sama.

Dian berharap petugas saat melakukan Coklit, harus secara profesional, proposional efektif dan efesien.

"Petugas Pantarlih harus profesional, proposional, efektif dan efesien untuk menghasilkan data yang akurat, yang nantinya meminimalisir masalah dikemudian hari yang terkait dengan hak pilih, sehingga tercipta pemilihan kepala daerah yang berintegritas," jelas Dian.

Baca Juga: KPU Probolinggo Konfirmasi Keterlambatan Pembayaran Honorarium Pantarlih

"PPK mengimbau kepada petugas Pantarlih sebelum mencoklit di wilayahnya untuk terlebih dahulu melakukan koordinasi dan kulo nuwun kepads pemangku wilayah setempat seperti RT/RW," imbuhnya.

Selanjutnya, setelah selesai bimbingan teknis, petugas Pantarlih langsung melakukan tugasnya dengan melakukan Coklit kepada pemilih dengan langsung mendatangi rumah pemilih.

Diketahui, berdasarkan jadwal pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih, untuk masa kerja Pantarlih akan berlangsung dari 24 Juni dan berkkhir hingga 25 Juli 2024. (Aris)

Editor : Redaksi