Bambang Soekwanto Mundur Sebagai Pj Bupati Bondowoso

Reporter : -
Bambang Soekwanto Mundur Sebagai Pj Bupati Bondowoso
Keterangan Gambar: Bambang Soekwanto, PJ Bupati Bondowoso

Bondowoso _ JatimUpdate.id _ Bambang Soekwanto, resmi mengajukan pengunduran diri sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 1 Juli 2024.

Hal itu, sesuai surat dari Mendagri tertanggal 16 Mei 2024, yang mengatur pengunduran diri Penjabat Gubernur, Bupati, dan Penjabat Walikota yang akan maju dalam pilkada serentak. 

Baca Juga: Pj Bupati Bondowoso Resmi Tutup Festival Bulan Muharram 1446 H

Pengunduran diri Bambang Soekwanto dari Penjabat Bupati, merupakan langkah penting dalam persiapan pilkada serentak mendatang. Karena akan mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bondowoso mendatang.

Dikonfirmasi, Bambang Soekwanto sebagai Penjabat Bupati yang telah memimpin Bondowoso, menyebut keputusan pengajuan pengunduran dirinya sebagai bagian untuk menjaga integritas, netralitas dan transparansi birokrasi dan demokrasi.

Sebelumnya di masyarakat Bondowoso telah beredar kabar di media sosial terkait surat pengunduran Penjabat Bupati Bondowoso. Yakni tertulis Bambang Soekwanto sebagai Penjabat (Pj) Bupati di wilayah Bondowoso.

Yang mana surat permohonan pengunduran itu ditujukan pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tertanggal 1 Juli 2024. Dalam keterangannya, disampaikan alasannya karena Bambang Soekwanto akan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah di Kabupaten Bondowoso.

Surat tersebut resmi ditanda tangani oleh Bambang Soekwanto yang lengkap dengan materai 10 ribu.

Baca Juga: KPK Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Bondowoso

"Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Penjabat Bupati Bondowoso dikarenakan akan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur," demikian diktum pertama dalam surat permohonan.

"Surat pengunduran ini saya buat tanpa ada paksaan dari pihak manapun," begitu bunyi kalimat di paragraf kedua dalam surat permohonan yang dibuat dan ditandatangani diatas materai Rp 10 ribu oleh pria kelahiran Balikpapan 5 April 1966 ini.

Atas kabar ini , Bambang Soekwanto membenarkan bahwa dirinya telah melayangkan surat pengunduran diri tersebut. “InsyaAllah, iya (betul surat permohonan pengunduran dirinya-Red),”ungkapnya dikonfirmasi, Rabu (3/7)

Bambang Soekwanto, yang merupakan sosok birokrat, mengundurkan diri sebagai Pj Bupati Bondowoso, setelah mendapat dawuh dari tokoh agama dan beberapa partai politik, diantaranya partai Gerindra, Demokrat dan PKS atau yang tergabung dalam Koalisi 'Bismillah', serta sebagai bentuk netralitas ASN.

Baca Juga: 183 Kepala Desa Di Bondowoso terima SK Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun

"Saya mengundurkan diri karena dawuh kiai serta desakan dari beberapa Parpol. Bismillah," ujar Bambang Soekwanto.

Diterangkan bahwa berdasarkan ketentuan pasal 7 ayat (2) huruf q UU nomor 10 tahun 2016, menyatakan bahwa Cagub, Cawagub, Calon Walikota, Calon Wakil Walikota, serta Calon Bupati, dan Calon Wakil Bupati harus memenuhi persyaratan salah satunya adalah tidak berstatus sebagai penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan penjabat walikota.

Sekadar diketahui, dalam tahapan pelaksanaan Pilkada 2024, pendaftaran calon masih akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024. (Aris)

Editor : Redaksi