Gempa 4,4 SR Guncang Batang Akibat Aktivitas Sesar Aktif

Reporter : -
Gempa 4,4 SR Guncang Batang Akibat Aktivitas Sesar Aktif
Petugas BPPD Kab. Batang Jawa Tengah

Batang, Jatim Update.id - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,4 SR mengguncang wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2024). Beberapa bangunan dilaporkan rusak akibat gempa yang terjadi pada pukul 14.35 WIB tersebut.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini terletak pada koordinat 6,87° LS; 109,75° BT, tepatnya di darat pada jarak 5 km arah timur laut Batang, Jawa Tengah, dengan kedalaman 6 km.

Baca Juga: Ini  Dampak Gempa Tuban di Lamongan, Ada Kerusakan Ringan

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif," jelas Daryono, Minggu (7/7/2024).

Baca Juga: Pemkab Lamongan Siapkan Target Pembangunan Daerah untuk 2025

Gempa bermagnitudo 4,4 SR ini dirasakan hingga wilayah Pekalongan III MMI dan Kendal II MMI.Belum ada aktivitas gempa bumi susulan di wilayah tersebut berdasarkan tinjauan hasil monitoring BMKG hingga saat ini.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi, mengonfirmasi adanya gempa di wilayah Kabupaten Batang. Ia mendapat laporan kerusakan rumah warga di wilayah Kabupaten Batang. Namun pihaknya belum mengetahui pasti jumlah rumah atau bangunan yang rusak akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Kalaksa BPBD Jatim Kunjungi Dan Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Kabupaten Pasuruan

"Iya tadi kami menerima laporan ada beberapa kerusakan bangunan, masih kita cek dan kerahkan semua. Yang sudah masuk ada kerusakan di rumah warga di Desa Lebo (Warungasem)," ungkap Ulul Azmi, Minggu (7/7/2024).

Editor : Redaksi