Wasek PDIP: Warga Banyak Keluhkan PPDB Jalur Afirmasi

oleh : -
Wasek PDIP: Warga Banyak Keluhkan PPDB Jalur Afirmasi
Achmad Hidayat

Jatimupdate.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 telah diumumkan untuk jenjang SMA/SMK di berbagai daerah.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menyebut, banyak menerima keluhan masyarakat yang telah diterima melalui jalur Afirmasi untuk Jenjang SMA / SMK.

"Mereka diterima melalui afirmasi dan jelas merupakan warga tidak mampu , lalu harus tetap membayar seragam yang harganya berkisar diantara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta," kata Achmad dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, siswa yang mengikuti PPDB 2022 bisa memilih satu dari empat jalur yang disediakan yaitu, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali, dan yang terakhir jalur prestasi dengan kuota terbatas.

Dari keempat jalur tersebut, ada satu jalur yang asing di telinga kebanyakan orang, yaitu afirmasi.

Ia menjelaskan, apabila afirmasi hanya sebagai pembeda jalur masuk dan tidak ada intervensi kebijakan yang nyata bagi warga tidak mampu yang diterimas SMA / SMK Negeri. Menurutnya, hal ini merupakan ketidak seriusan Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan pendidikan.

Maka, Achmad menyerukan, agar makin banyak pihak yang menyuarakan untuk dapat menyampaikan keluhan - keluhan rakyat.

Achmad juga memaparkan, jaminan terselenggaranya pendidikan jenjang SMA / SMK harus dilaksanakan sungguh - sungguh serta penuh tanggung jawab oleh pemerintah provinsi jawa timur.

"Harusnya yang diterima afirmasi itu bisa gratis biaya operasionalnya dan seragam , selama beralih pengelolaan ke provinsi jawa timur setiap tahun terulang dan tidak ada aksi nyata untuk berpihak pada wong cilik," tegas Politisi Muda PDI Perjuangan tersebut.