Kuota Masih Seabrek, Beasiswa Pemuda Tangguh Memungkinkan Masih Dibuka

oleh : -
Kuota Masih Seabrek, Beasiswa Pemuda Tangguh Memungkinkan Masih Dibuka
Khusnul Khotimah

Jatimupdate.id - Terkait Juknis Beasiswa Pemuda Tangguh yang baru diterima Komisi D DPRD Kota Surabaya. Khusnul Khotimah selaku ketua mengaku kecewa.

Mengingat Juknis beasiswa ini sudah ditandangani sejak 29 Maret lalu. "Andai rapat terakhir kita mendapatkan juknis itu, kami bisa memahamkan masyarakat apa sih beasiswa kepemudaan (itu). Ini semoga jadi perbaikan (evaluasi)," kata Khusnul.

Khusnul membeberkan, dari kuota sebanyak 15.413 beasiswa ini,  per Juli cuma terserap 5.000. Sehingga terdapat sisa 8.000 pemuda yang belum mengakses terkait informasi program Pemkot ini.

"Nah, memang sebenarnya kalau ngomong MBR, ya MBR. Nah, itu sebabnya kami berharap Juknis itu disampaikan lebih awal agar kemudian masyarakat itu memahami." tegas Khusnul.

Di samping itu, Khusnul juga menanyakan syarat beasiswa prestasi akademik, yang mencantumkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jika hal itu mengacu pada rapot. Logikanya menurut Khusnul anak-anak posisinya kelas X dan naik ke kelas XI.

"Kalau misalnya tidak tercapai, berarti ada pelajaran yang perlu dilakukan remidi. Maka Disbuporapar harus berdiskusi lebih lanjut terkait beasiswa ini." sesal Khusnul.

Khusnul menjelaskan, beasiswa pemuda tangguh memungkinan dibuka kembali untuk gelombang ke dua. Dengan begitu, ia mengaku optimis anak-anak dan pemuda di Kota Pahlawan dapat mengakses beasiswa ini.

"Mungkin bulan depan ya," ungkap Khusnul.

Maka, Khusnul mengintruksikan, flayer beasiswa kepemudaan harus mengacu pada ketentuan yang ada.

Sekaligus harus mencantumkan KKM, sebab tidak semua warga Kota Surabaya mengetahuinya. "Kami sampaikan sosialisasi harus lebih masif lagi kalau ngomong pemuda." demikian ungkap Khusnul.