Survei Litbang Kompas

Tingkat Elektabilitas Partai Gerindra di Jawa Menurun

oleh : -
Tingkat Elektabilitas Partai Gerindra di Jawa Menurun
Suasana salah satu ruangan di Litbang Kompas

Jakarta(Jatimupdate.id)-Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan, tingkat elektabilitas Partai Gerindra di Jawa mencapai 47,9 persen. Persentase tersebut lebih rendah dibandingkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yakni 53,1 persen khusus di Jawa.
Hasil survei yang berlangsung pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 itu juga memperlihatkan, tingkat elektabilitas partai besutan Prabowo Subianto itu mencapai 23,2 persen di Sumatera. Pada Pemilu 2019, Partai Gerindra memperoleh suara 26,7 persen untuk daerah pemilihan Sumatera.
Sementara itu, di Kalimantan, Partai Gerindra mempunyai tingkat elektabilitas 9,1 persen. Selanjutnya, Partai Gerindra memiliki tingkat elektabilitas 9,2 persen di Bali dan Nusa Tenggara. Tingkat elektabilitas di daerah ini meningkatkan tajam jika dibandingkan pilihan pada Pemilu 2019, yakni 2,5 persen
Adapun di Sulawesi, tingkat elektabilitas Partai Gerindra mencapai 6 persen, meningkat dari hasil Pemilu 2019 dari pilihan pada Pemilu 2019 sebesar 5,7 persen. Terakhir, untuk wilayah Maluku dan Papua, Partai Gerindra mengantongi tingkat elektabilitas 4,6 persen. Angka itu menurun jika merujuk pada pilihan Pemilu 2019, yakni 5,3 persen. 

Adapun survei periodik ini melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meski demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi. (Yok)