SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo mulai mendistribusikan kebutuhan logistik Pilkada Sidoarjo 2020. Logistik tersebut mulai dikirimkan hari ini ke masing-masing kecamatan, Jumat (20/11/2020).

Logistik tersebut berupa perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan, masker dan tempat penyimpanan air. Termasuk juga, tisu dan tempat sampah plastik.

Tak hanya itu, KPU juga akan mendistribusikan kotak suara, bilik suara, dan juga alat untuk mencoblos.

Tidak lupa juga kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para petugas penyelenggara berupa thermo gun, masker sekali pakai, sarung tangan dan juga hazmat.

"Iya sudah ada yang didistribusikan ke kecamatan kebutuhan tersebut. Pendistribusiannya memang dimulai hari ini," kata Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman, Jumat (20/11/2020).

Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak mengatakan untuk kebutuhan pungut hitung saat ini sedang dalam proses pencetakan. Nantinya pendistribusiannya juga akan segera dilakukan ketika semuanya sudah siap.

"Total untuk jumlah surat suara yang akan dicetak nantinya 1.441.763 dan akan segera kami kirim juga," ujarnya.

Prosesi pemilu kali ini yang berada di tengah situasi pandemi Covid-19, menurut Iskak, memang membutuhkan beberapa adaptasi kenormalan baru.

Adaptasi kenormalan baru dalam pemilu tersebut guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kluster baru persebaran Covid-19.

Beberapa adaptasi kenormalan baru tersebut adalah penggantian tinta celup menjadi tinta tetes. Pengecekan suhu tubub, cuci tangan, hingga pembatasan jumlah pemilih tiap TPS-nya maksimal 500 pemilih.

Reporter: M Niam

Berita Terkait

Berita Terpopuler