Seminggu Gratis, Bus TransJatim Layani Terminal Porong Sidoarjo hingga Terminal Bunder Gresik

oleh : -
Seminggu Gratis, Bus TransJatim Layani Terminal Porong Sidoarjo hingga Terminal Bunder Gresik
Bus Trans Jatim yang diresmikan Gubernur Jatim di Terminal Porong Sidoarjo, Jumat (19/8/2022) (Foto : Miftah)

SIDOARJO (Jatimupdate.id) -Seminggu Gratis, Bus TransJatim Layani Terminal Porong Sidoarjo hingga Terminal Bunder Gresik. Trayek pertama Bus Trans Jatim tersebut akan dimulai dari Terminal Porong Sidoarjo, Kota Surabaya hingga Terminal Bunder Gresik. Pelayanan tersebut akan dilengkapi dengan pemandu pramugara dan pramugari yang akan membantu masyarakat mengakses layanan transportasi Trans Jatim.

Sebanyak 22 armada bus Trans Jatim telah diresmikan beroperasi mulai Jumat (19/8/2022). Peresmian tersebut dilangsungkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Terminal Porong, Sidoarjo.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyebut bahwa langkah ini merupakan penguatan untuk menciptakan transportasi publik supaya bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Armada bus berwarna hijau ini juga sudah dilengkapi dengan pembayaran cashless untuk efektivitas transaksinya. Meski sudah dilengkapi dengan teknologi modern, transportasi publik ini juga masih menyediakan sistem pembayaran manual bagi yang belum terbiasa.

Sebagai informasi, untuk bisa menikmati layanan trans jatim, warga jatim bisa menginstall aplikasi Trans Jatim-Ajaib (Aplikasi Jatim Informasi Bus). Sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat  mengakses penggunaan  layanan bus Trans Jatim.

“Hadirnya Bus Trans Jatim ini selain untuk mengurangi kemacetan di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Juga upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas,” kata Khofifah saat memberikan keterangan di Terminal Porong, Jumat (19/8/2022).

Bus hanya boleh menaikkan penumpang di halte.“Rute yang ditempuh sepanjang 74 kilometer. Bus beroperasi dari pukul 05.00 WIB sampai 21.00 WIB,” ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansya di sela launching Bus Trans Jatim Koridor 1 di Terminal Porong, Sidoarjo, Jumat sore.

15 halte dioperasi untuk jurusan sidoarjo-gresik dan 17 halte dijalankan dari gresik tujuan sidoarjo. Surabaya hanya berhenti di terminal romokalisari.

Rute perjalanan bus trans itu dari Terminal Porong langsung ke Terminal Pasar Larangan, kemudian masuk ke tol, sampai ke Terminal Purabanya di Bungurasih sidoarjo. Dari sana, bus melaju lewat tol dan turun di Romokalisari. Berlanjut sampai ke terminal Bunder, Gresik.

Harapannya, operasional bus trans ini bisa mengurangi kemacetan di seputaran Gresik dan SIdoarjo, mengurangi angka kecelakaan, dan mengurangi gas emisi buang. Serta keberadaan bus ini diharap juga meningkatkan pelayanan public di Jawa Timur.

Bus Trans Jatim yang mulai beroperasi hari ini bisa diakses warga dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk umum Rp5.000 sedangkan untuk pelajar sekolah atau santri Rp2.500.

Dan selama sepekan pertama sejak launching, bus ini digratiskan untuk semua penumpang. Dalam operasionalnya nanti, pembayaran dilakukan nontunai karena lewat barcode uang elektronik. Pelayanannya oleh pramugari yang disediakan di setiap bus. Pemesanan tiket dan sebagainya bisa dilakukan lewat aplikasi.

Dalam peresmian hari ini selain dihadiri Khofifah juga turur hadir Ali Muhdlor Bupati Sidoarjo, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Fandi Akhmad Bupati Gresik, Nyono Kadishub Jatim, dan Suharto Dirjen Angkutan Jalan Kemenhub.

Proyek Bus Trans Jatim ini masih akan berlangsung hingga 2024. Nantinya untuk koridor II akan dibangun rute Mojokerto-Surabaya, untuk koridor III rute Mojokerto-Pasuruan, dan koridor IV di wilayah Malang.(yah)