Peringati HUT Ke-17, HIMPAUDI Kabupaten Madiun Luncurkan Koperasi ETHES

oleh : -
Peringati HUT Ke-17, HIMPAUDI Kabupaten Madiun Luncurkan Koperasi ETHES

MADIUN (Jatimupdate.id) -Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 Himpunan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, di Halaman Pendopo Ronggo Djoemeno Caruban, Sabtu (27/8).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Bupati Madiun, Bunda PAUD Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Bunda PAUD Kecamatan se – Kab. Madiun, Ketua IGTK dan Ketua IGRA Kabupaten Madiun. Adapun tema yang diambil pada peringatan kali ini adalah Tulus Mengabdi, Teguh Berjuang, Solid Bergerak untuk Hak Profesi Guru PAUD, Satu Hati, Satu Dedikasi dan Satu Aksi.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai peranan penting dalam proses tumbuh-kembang anak. Pada rentang usia 0-6 tahun, anak mengalami peningkatan pertumbuhan fisik dan fungsi otak. Masa ini dikenal juga sebagai “golden age”. Di masa ini, sel-sel otak anak berkembang sangat cepat hingga 80 persen sehingga mampu menerima dan menyerap informasi dengan cepat. Artinya, anak membutuhkan stimulan berkualitas yang berguna untuk masa depannya. Stimulan atau rangsangan sedari dini itulah yang menentukan pembentukan karakter, kecerdasan, maupun fisik yang baik. Untuk itu, diperlukan PAUD sebagai wadah pembelajaran anak.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Madiun, Lilik Sundari melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sekarang ini yaitu untuk memperingati HUT ke -17 HIMPAUDI, launching koperasi ETHES dan peringatan HUT ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada kesempatan ini pula HIMPAUDI Kabupaten Madiun menyerahkan santunan kepada anak yatim dan mempersembahkan tari kolosal laskar HIMPAUDI Kab. Madiun yang dibawakan oleh 876 anggota HIMPAUDI se-Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengucapkan selamat kepada HIMPAUDI Kabupaten Madiun dan mendo’akan semoga selalu bahagia. Selanjutnya Bupati Madiun juga menyampaikan bahwa adanya standarisasi bagi pendidik yang sudah mengabdi lama dengan yang baru mengabdi, dengan ketulusan selama mengabdi akan membuat hidup lebih baik.

“HIMPAUDI sudah ditata sedemikian rupa dan mendapat perhatian sampai tingkat desa. Dengan adanya ADD 20 persen, maka untuk HIMPAUDI diberlakukan standarisasi, berdasarkan jumlah murid dan jangkauan tempat” pesan Bupati Madiun. Dirinya juga berujar untuk tetap menjaga komunikasi dengan kepala desa atau perangkat desa masing – masing. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan selebrasi pelepasan balon harapan dan impian HIMPAUDI Kabupaten Madiun.(FJ)