Tenant Mitra Alfamart

Resign dari Bank, Demi Chang Chung Thai Tea

oleh : -
Resign dari Bank, Demi Chang Chung Thai Tea
Gerobak Thai Tea Chang Chung di depan Alfa Mart

Nganjuk (JatimUpdate.id) -Sosok pria bernama Aji Phaqsi Wisnu terbilang nekad dalam menekuni bisnis kuliner. Bayangin saja, pria asli Nganjuk kelahiran tahun 1990 an ini, resign dari sebuah bank swasta demi fokus menggeluti bisnis kulinernya.

Hasilnya sangat fenonemal, karena Thai Tea Chang Chung miliknya berjumlah 48 gerobak, yang 22 diantaranya berada di depan toko Alfamart.

"Paling banyak ada di Nganjuk 16 tenant. Antara lain depan Alfamart Barito, Loh Ceret, Sutomo, Gondang, AR Saleh dan lain-lain. Di Caruban Madiun ada tiga outlet yakni Alfamart Sugihwaras, Ngepeh dan Kelitik," bebernya.

Aji mengaku awalnya kuliner yang ditekuni angkringan sruput tahun 2012, lalu cafe Harmony tahun 2014. "Saya berpikir harus ada usaha tambahan. Lantas tahun 2018 buka Thai Tea di alfamart Martadinata Jombang. Namanya Chang Chung diambil dari panggilan keponakanku yang mirip nama Thailand," ungkapnya.

Sejak Oktober 2018, Chang Chung terus ekspansi hingga menembus angka 57 outlet, yang 35 diantaranya berada di alfamart. Hingga akhirnya badai covid tahun 2020 membuat Chang Chung mengerem bisnisnya.
Bagi Aji, Alfamart sangat peduli kepada pelaku UMKM seperti dirinya. Saat badai covid, alfamart menggratiskan sewa tenant selama tiga bulan. Setelah itu dibantu diskon 50 persen selama berbulan-bulan.

"Alfamart berjasa besar kepada Chang Chung. Harga sewanya sangat terjangkau dan konsisten. Saat kami kesulitan, dibantu. Ini yang membuat kami bisa bertahan dan terus berkembang," tukasnya.

Dalam mengelolah Chang Chung, Aji memberikan reward kenaikan jenjang karir bagi karyawannya. Dimana sekarang ada 80 karyawan di outlet dan 7 di bagian manajemen. "Kami juga rutin mengadaka. Gathering untuk kebersamaan," katanya.

Aji berpesan ke pelaku UMKM lain agar bisnis kulinernya bisa berkembang hrus adaptif kepada market dan lingkungan. Selain itu tidak gampang putus asa menghadapi persoalan di lapangan.

"Contohnya saat covid kita malah bisa bertahan karena saat banyak kompetitor tutup, malah jadi peluang untuk kembali on fire," sebutnya.

Satu lagi, Aji mengingatkan agar terus berinovasi misalnya ada promo momen lima ribuan, bundling beli dua gratis satu, gandeng influencer di sosmed dan lain-lain. (YH)

 Aji Phaqsi Wisnu di depan outelet Chang Chung Thai Tea Aji Phaqsi Wisnu di depan outelet Chang Chung Thai Tea