Catatan Mas AAS

Selamat Hari Pahlawan

oleh : -
Selamat Hari Pahlawan
Mas AAS

"Kita adalah bangsa pejuang. Kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan 'saya kalah'. Selamat hari pahlawan!"

Surabaya adalah kota pahlawan. Ada sejarah mengharu biru pernah hadir dan terjadi di kota ini pada masa silam.

Malam ini adalah malam yang tepat buat mengeja tentang riwayat jaman. Bahwa negeri ini pernah berada pada era gemilang pada masa silam. Dan spirit itu tentu akan menyelinap di dalam benak setiap generasi yang tak mau diam akan sejarah bangsanya. Berbekal sedikit pengetahuan dan cerita tutur, panggung itu pernah dibuat dengan megah oleh negeri khatulistiwa ini. Hanya hasrat serta keinginan besar para manusianya saja yang akan mampu menanam sebuah prasasti juga legacy yang gemilang, seperti para pejuang peradaban jaman terdahulu!

Malam ini. Di dalam bus yang membawaku pulang ke kota pahlawan, sehabis kerja di kampus Bangil. Aku melihat dari kaca dalam bus. Langit, gunung, dan bukit tampak gemerlap banyak bintang, lampu, penuh kerlap-kerlip membawa nuansa berbeda. Memang indah negeri ini, saat dilihatnya pada malam hari.

Nusantara memang bangsa yang besar. Berharap tak pernah dikalahkan oleh siapapun kapanpun juga. Siapa yang akan bangga dan mengakuinya, ya pasti penghuninya, ya pasti warganya. Bukan tetangga!

Meski saja malam ini hanya bisa berharap bisa mewarisi spirit itu, setidaknya pada malam ini aku sedang menuju kota pahlawan. Tempat para jazad pahlawan yang tak pernah meminta balas dan jasa akan apa yang telah diberikan. Semua itu dilakukan karena cintanya para pahlawan itu kepada negerinya. Kiranya itu bisa dimengerti oleh generasi sekarang.

Menjadi pemain di panggung dunia. Tentu saja menjadi keinginan setiap anak bangsa di negeri ini. Setidaknya itu doa terindah yang diperuntukkan bagi para pemimpin negeri. Agar dapat memimpin negeri yang besar ini dengan visi hidup sebagai seorang pahlawan, bukan seorang penumpang!

Visi seperti itu lambat namun pasti akan mampu memperindah bumi yang memang sudah indah ini! Bukan sebaliknya. Karena menjadi pemimpin adalah jalan sunyi bukan jalan ramai yang gegap gempita dan penuh tepuk tangan!

Selamat hari pahlawan untuk esok pagi. Malam ini penulis lantunkan doa terindah ke langit tertinggi untuk segenap pemahat peradapan