Gerakan Adopsi 7.700 Terumbu Karang

oleh : -
Gerakan Adopsi 7.700 Terumbu Karang
gerakan adopsi 7.700 Terumbu Karang, yang digelar di Kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo pada Sabtu (12/11) siang.

Situbondo (JatimUPdate.id) -Pemprov Jatim bersama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim dan IKA Unair ini mengadakan gerakan adopsi 7.700 Terumbu Karang, yang digelar di Kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo pada Sabtu (12/11) siang.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono memimpin jalannya acara Gerakan Adopsi 7.700 Terumbu Karang (Nature-Nuture-Culture) dengan melepas secara simbolis melepas bibit terumbu karang ke wilayah perairan Pantai Pasir Putih Situbondo. 

Bersama dengan 80 orang anggota komunitas selam, Sekdaprov Adhy Karyono menyampaikan terima kasih atas untuk kerja keras seluruh pihak dan berharap bisa terus bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem biota laut.

 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim, kerusakan terumbu karang sudah mencapai 60% dari keseluruhan luas perairan Jatim yang mencapai 118 ribu hektar.

Rusaknya ekosistem terumbu karang sendiri sifatnya mengganggu fungsi-fungsi ekologis yang sangat penting bagi Biota laut, seperti hilangnya tempat hidup berbagai spesies ikan bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, keberadaan terumbu karang juga sebagai peredam ombak yang bisa mengurai energi ombak saat sampai ke pantai. Dengan kata lain, terumbu karang juga berfungsi sebagai pelindung pantai terhadap abrasi air laut. (Yah) 

Sekda Prov Jatim memulai gerakan adopsi terumbu karangSekda Prov Jatim memulai gerakan adopsi terumbu karang