Kongres Tahunan PSSI Jatim Mantapkan Persiapan Liga 3 2021

oleh : -
Kongres Tahunan PSSI Jatim Mantapkan Persiapan Liga 3 2021

jatimupdate.id, Surabaya - Kongres Tahunan PSSI Jatim 2021 akhirnya digelar. Karena pandemi, maka kongres tahunan ini digelar secara virtual, peserta dan undangan berada di tempat masing-masing. Sementara Ketua PSSI dan exco berada di Kantor Graha Yuwono pada 16 Agustus 2021.

Total peserta Kongres sebanyak 33 dari 38 Askab dan Askot PSSI dan 38 klub anggota. Untuk klub, yang menjadi peserta Kongres Tahunan 2021 ini adalah klub yang berkompetisi di Liga 3 tahun 2019.  Jika ditotal, peserta Kongres Tahunan PSSI Jatim kali ini jumlahnya sama dengan Kongres Luar Biasa yang digelar pada Maret 2020 lalu, yakni 77 angota.

 

Agenda Kongres Tahunan PSSI Jatim 2021 kali ini meliputi laporan kegiatan 2020, laporan keuangan 2020, laporan Asosiasi Futsal Jatim 2020. Semua laporan pertanggungjawaban ini diterima oleh anggota. Sehingga kemudian, agenda dilanjutkan dengan paparan program kerja setahun ke depan.

 

Untuk program kerja 2021, sudah disusun masing-masing komite tetap PSSI Jatim, termasuk rencana keuangan 2021. Untuk bisa menjalankan semua program kerja harian maupun memutar liga 3, PSSI Jatim menganggarkan dana sebesar Rp5,2 miliar.

“Untuk satu tahun ke depan kami menganggarkan Rp 5,2 miliar untuk operasional organisasi dan kompetisi Liga 3, dan kelompok umur. Dari mana uangnya, tentunya akan kami cari bersama dari komersialisasi kompetisi yang nantinya digelar PSSI Jatim. Insya Allah semua bisa tercapai,” jelas Wakil Ketua PSSI Jatim Amir Burhannudin SH, melalui siaran pers,Selasa (17/08/2021).

 

Pada kesempatan itu Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh, menambahkan. “Kalau Liga 1 pasti digelar 27 Agustus, kita akan langsung running persiapan Liga 3. Bisa jadi lebih cepat dari rencana semula, atau sebelum November sudah bisa tergelar dengan menggandeng pihak ketiga atau sponsor. Karena sudah ada calon sponsorship yang akan mengucurkan dana bila Liga 3 Jatim kick off.”

 

Adapun agenda selanjutnya adalah perubahan nama klub anggota. Mereka yang sudah mengirimkan pengajuan perubahan nama meliputi; 1. Cahaya Muda Pamekasan menjadi Cahaya Madura Muda; 2. Putra Jombang menjadi Putra Sidoarjo FC; 3. Persema 1953 menjadi AFA Syailendra. 4. Sumbersari FC menjadi NZR Sumbersari.

 

Selain agenda tersebut, ada agenda tambahan pada kongres tahunan kali ini adalah pengesahan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) Jawa Timur. “Dalam kongres ini hanya mengesahkan wadahnya saja. Untuk personelnya, PSSI Jatim akan mengumpulkan seluruh pelatih di Jatim dari segala tingkatan. Nanti mereka sendiri yang akan menentukan susunan kepengurusannya,” ujar Riyadh.

 

Agenda tambahan berikutnya, yaitu memperpanjang moratorium pendaftaran klub baru selama dua tahun ke depan. Sehingga klub anyar yang ingin mendaftarkan harus menunggu hingga tahun 2023 untuk bisa menjadi klub anggota PSSI Jatim.

 

Selain membahas sejumlh agenda tersebut, pada kongres tahunan kali ini juga dilakukan pengenalan pengurus, karena pengurus PSSI 2021-2025 baru saja terpilih. Terutama sekretaris baru PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini.

Pada kesempatan itu, Ketua PSSI Jatim Ahmad Riyadh mengaku salut dan memuji wanita yang akrab disapa Ririn itu. Sebab, ia menilai Sekretaris baru PSSI Jatim ini berhasil menjalankan tugas awalnya, yaitu menggelar kongres tahunan. (*)