Mas Menteri Nadiem Sambut Mahasiswa Baru UB

oleh : -
Mas Menteri Nadiem Sambut Mahasiswa Baru UB

jatimupdate.id, Malang - Menyambut mahasiswa baru (Maba), Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang disebut Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilaksanakan secara daring. Untuk tahun ini karena masih suasana pandemi maka disebut PKKMB Online 2021.

 

 

 

PKBM yang diikuti 15.563 maba jenjang S1 dan Diploma ini dibuka oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS pada Selasa (17/8/2021). Hadir pula jajaran pimpinan universitas, fakultas dan lembaga. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memberi sambutan secara online dalam acara ini.

"Mahasiswa baru Universitas Brawijaya patut berbangga karena UB merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia yang masuk 10 besar. Seleksi masuk UB juga sangat ketat. Patut bersyukur karena bisa masuk di UB, salah satu kampus terbaik," bangga Nuhfil Hanani.

 

Rangkaian PKKMB Online ini dapat diikuti melalui live streaming pada youtube Universitas Brawijaya dan UBTV yang diintegrasikan dengan platform zoom meeting dan google classroom.

 

Rangkaian PKKMB ini diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh pakar dari internal UB dan dari luar UB. Seperti materi Bela Negara oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubei Levianto, materi Bahaya Terorisme oleh Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, materi Penggunaan Media Sosial oleh Yosi Mokalu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta materi Bahaya Narkoba oleh Kombes Pol. Deni Dharmapala, SH., S.I.K dari Badan Narkotika Nasional. Selain itu PKKMB juga dimeriahkan oleh penampilan UKM Unitantri.

 

Maba dibagi kedalam 64 klaster, masing-masing klaster diisi maksimum 250 mahasiswa. Operator yang menangani sebanyak 80 orang dengan rincian 64 orang menggunakan google classroom, dan 16 lainnya menggunakan zoom.

Berikut adalah rangkaian PKKMB Online 2021: Gladi Bersih, Senin (16/8/2021), Penerimaan Maba, Selasa (17/8/ 2021), PKKMB Universitas, Rabu-Kamis, (18-19/8/2021), dan PKKMB Fakultas, Jumat-Minggu (20-22/8/2021).

Sebelum dilakukan gladi, semua panitia yang terlibat wajib mengikuti swab antigen untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan tidak reaktif Covid-19. (*)