Tempat Relokasi Pedagang Pasar Kesamben Yang Terbakar Segera Dibangun

oleh : -
Tempat Relokasi Pedagang Pasar Kesamben Yang Terbakar Segera Dibangun
Pasar kesamben Blitar sebelum terbakar
Blitar, JatimUPdate.id, -Tempat Relokasi pedagang pasar kesamben segera di bangun. Pemkab Blitar telah memutuskan tempat relokasi pedagang Pasar Kesamben di sebelah timur area pasar yang terbakar pada Minggu 27 November 2022 lalu.
 
Eka Purwanta, Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar mengatakan hasil rapat Pemerintah Daerah bersama Muspika Kesamben & Paguyuban Pedagang Pasar Kesamben, pemerintah segera membangun tempat relokasi.
 
Kata Eka, tempat relokasi pedagang Pasar Kesamben Blitar akhirnya ditentukan di jalan sisi timur pasar, yang mengarah jalur ke selatan.
 
Menindaklanjuti rencana relokasi ini, pihak terkait diakuinya sudah menuju lokasi untuk mengukur & menggambar bangunan sementara tempat relokasi para pedagang korban kebakaran Pasar Kesamben.
Eka menambahkann bangunan sementara tempat relokasi diupayakan selesai tahun ini. Saat ini, menurutnya, masih dilakukan pengajuan anggaran sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ditentukan.
Pemkab Blitar, kata dia, prioritaskan relokasi sementara ini segera selesai agar ekonomi pedagang bisa bergerak kembali.
 
Eka juga mengatakan ada sekitar 330 lapak sementara yang akan dibangun. Rencana tempat yang akan digunakan relokasi ini, kata dia, merupakan jalan Kabupaten sehingga sudah disertai izin kepada Dishub Kabupaten Blitar & Muspika. Nantinya, jalan itu ditutup sehingga hanya digunakan untuk aktivitas jual beli.
 
Rencana Pembangunan kembali pasar kesamben yang habis terbakar belum ada kejelasan karena masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian, selain itu pembangunan pasar membutuhkan anggaran yang cukup besar.(yah)