Catatan MAS AAS

Terbesit Hasrat Yang Mau Digarap, Buat Buku Antologi!

oleh : -
Terbesit Hasrat Yang Mau Digarap, Buat Buku Antologi!
Mas AAS

"Biar saja hasrat ini, aku pahat di pikiran alam bawah sadar ku. Tinggal aku merasakan bahwa itu sudah terwujud. Tinggal tugas semesta yang akan mendatangkan kepada ku dengan caranya!"


Aku kagum dengan seseorang bukan dengan statusnya yang sekarang. Entah dirinya sebagai tokoh, sosok, yang sudah: meregional, menasional, bahkan mendunia sekalipun kiprahnya.

Aku tidak silau akan soal-soal yang demikian!

Terus apa yang membuat saya silau dan tertegun kepada seseorang, sampai pada level tertentu?

Yaitu sosok dan tokoh itu tetap jadi dirinya yang unik dan autentik! Kenapa unik dan autentik? Ya, wataknya demikian. Ya, perilakunya demikian. Ia betul-betul menjadi manusia, tidak ada yang beda dengan manusia-manusia yang lainnya. Atau si tokoh itu tetap tekun menjadi manusia bumi bukan manusia langit yang tak tersentuh. Itu saja. Manusia macam itu, yang mampu membuat lidah serta bibirku tak henti berdoa untuknya.

Sukarno datang ke tukang cukur langganannya jalan sendiri, tidak ada kawalan dari pasukan pengawal kepresidenan. Mungkin di era modern sekarang, melihat sosok Ibu Sri Mulyani, sedang cangkruk di warung langganannya berdua dengan suaminya, adalah peristiwa yang mampu membetot perhatianku!

Nah, berkenaan dengan hal di atas. Suatu ketika saya itu punya mimpi. Bahwa perjalanan hidup saya sampai level yang sekarang. Tentu saja saya punya banyak sahabat, kolega, dan jejaring. Yang boleh dikata orang-orang itu sekarang sudah menjadi WONG alias sudah jadi orang yang punya dampak. Punya jabatan, punya status, yang boleh dikata bukan kaleng-kaleng. Banyak orang, banyak teman, yang ingin mencontohnya. Meniru jadi mereka. Tidak sekadar mengagumi saja!

Tentu saja mereka punya kisah-kisah keseharian sebagai manusia. Ada nilai-nilai, ada visi serta misi yang ingin diwujudkan oleh mereka. Sebagai wujud mereka berbakti dan berterima kasih kepada Sang Khalik.

Bayangkan bila kisah keseharian itu bisa ditenun menjadi tulisan inspiratif. Tentu negeri ini akan sangat berterima kasih. Utamanya para generasi muda yang haus akan teladan serta petunjuk hidup buat hidupnya!

Terus apa persoalannya? Begini, kenapa kita tidak bertemu lalu rembugan dan selanjutnya sepakat buat buku antologi. Yaitu kumpulan kisah-kisah yang tidak biasa bagaimana setiap sosok dan tokoh itu bisa menjadi manusia dalam kualitas dan kapasitas seperti yang sekarang! Bagi saya ini sangat penting, juga keren. Bila terjadi.

Bukankan kisah-kisah soal diri Anda yang dipahat dari kerelaan dan keikhlasan dalam menjalani proses di dalam hidup ini. Menjadi bahan bakar Pertamax bagi generasi muda yang notabene para yunior kita semua di negeri ini. Buku adalah sebuah legacy nyata, tanda terima kasih kita kepada semesta.

Sebuah motivasi dan inspirasi akan lebih kena serta nendang sampai ke ulu hati, saat diceritakan dengan sebuah buku yang dibaca, bukan dengan omongan oral yang berkobar-kobar saja! Lalu sirna, hilang entah kemana perginya.

Bagaimana apakah Anda sepakat buat kita eksekusi ide di atas? Kalau setuju, mari kita eksekusi bersama-sama!

Demikian. Saya kira ajakan ini bukan keinginan dan mimpi saya semata. Tapi juga harapan serta mimpi yang membuncah bagi adik-adik kita, yunior-yunior kita di negeri ini!

Mereka ingin tahu bagaimana Anda bisa menjadi Profesor di usia yang begitu muda. Bagaimana Anda bisa jadi Dekan, Rektor, Anggota DPR, dan pengusaha level regional juga nasional. Sekali lagi, mereka ingin tahu, bahwa semua itu mampu diraih oleh siapa saja juga dengan cara yang biasa-biasa saja. Tidak ada yang yang berat aslinya hehehe. Nah, sekali lagi mereka butuh kisah dan cerita dari Anda yang biasa-biasa itu dan pada akhirnya menjadi sebuah kisah yang luar biasa. Yang saat ini diri Anda pun seakan tidak percaya sudah berjalan sejauh ini di dalam kehidupan.

Tulisan sederhana namun isinya tidak sederhana, itulah gambaran buku antologi tersebut.

Pengalaman membuat buku pertamaku. Mengajari dan memotivasiku buat berkarya menghasilkan buku-buku selanjutnya. Salah satunya kepikiran membuat buku antologi di atas!

Begitu sih mimpi saya. Semoga saja semesta menyambut dan wujudkan cita-cita ini menjadi nyata. Yaitu buku ANTOLOGI . Dipahat secara rombongan oleh saya, sahabat, rekan, dan kolega yang sekarang sudah menjadi ORANG! Terjadilah dan amin yra...


AAS, 08 Januari 2023
Emper Ngomah Rungkut Surabaya