Lansia Tak Lagi Dapat Permakanan, Imam NasDem: Dinsos Jangan Asal Dalih Update Data

Reporter : -
Lansia Tak Lagi Dapat Permakanan, Imam NasDem: Dinsos Jangan Asal Dalih Update Data
Imam Syafi'i (kanan) saat sidak ke lansia yang tak lagi dapat permakanan

Jatimupdate.id - Imam Syafi'i, Anggota Komisi A DPRD Surabaya, melakukan sidak ke kawasan Tambakrejo, memastikan Tjeng Kim Nio, lansia (85) yang tak lagi mendapatkan permakanan per 1 Januari lalu. Padahal November-Desember 2022, dia dapat permakanan.

Imam menjelaskan, sejak perubahan status MBR jadi keluarga miskin (gakin). Banyak warga yang tidak lagi mendapatkan. Dan itu, hampir mencapai 50%. "Alhamdulillah, tadi kelurahan Tambakrejo dan Kecamatan Simokerto, diusulkan dengan data yang baru," beber Imam.

Mestinya tambah Imam, permakanan tidak dihentikan. Kendati menunggu data baru. Mengingat, ini merupakan kebutuhan primer. Apalagi, Kim merupakan lansia yang sedang mengidap kanker payudara.

Dinsos, lanjutnya jangan asal menghentikan dengan dalih sedang mengupdate data. Menyesuaikan dengan aturan-aturan yang baru. "Enggak boleh begitu, karena haknya warga," imbau Imam.

Maka, dia menekankan, pemerintah kota bisa berempati. Bisa memberikan haknya, sebagai warga miskin untuk dapat bantuan. Apalagi, ini mendekati momen Imlek. Sehingga, ia mewanti-wanti, jangan sampai perayaanya, hanya dinikmati oleh kelompok atau segelintir orang Thionghoa saja.

"Mudah-mudahan Imlek, juga membawa kebahagiaan bagi ibu (Kim) yang hari ini tidak mendapat permakanan lagi," demikian tegas Imam

Sementara staf kasi kesra Kecamatan Simokerto, Nindi Ayu Pramita menyatakan, permakanan dihentikan sejak ada perwali untuk keluarga miskin. Kendati demikian, saat ini, pihaknya berupaya agar Kim diusulkan di RW Peduli Tambakrejo.

"Agar setiap bulannya dapat sembako dan lain sebagainya," tutur dia.

Nindi membenarkan, lansia tersebut juga mendapatkan permakanan pada 2022 lalu. Saat ini, pihaknya sudah mengusulkan kembali, agar dia mendapatkan permakanan lagi, yang diusulkan bulan ini.

"Januari sudah dikirim, dan ibu ini sudah diusulkan, jadi tinggal nunggu proses," paparnya. (roy)

Baca Juga: LKPJ Walikota Surabaya, Komisi A Cecar Bakesbangpol Terkait Kasus Dana Hibah Pilwali 2020

Editor : Ibrahim