Cak Yo: Akses ke Makam Mbah Kapiluddin Tak Menelan Biaya Besar Seperti Frontage Road, A Yani

oleh : -
Cak Yo: Akses ke Makam Mbah Kapiluddin Tak Menelan Biaya Besar Seperti Frontage Road, A Yani
Sukadar (Cak Yo)

Jatimupdate.id - Terkait wacana pembangunan destinasi wisata religi Mbah Kapiluddin di Kawasan Putat Jaya, Legislator PDI Perjuangan, Sukadar (Cak Yo) meyakini, Pemkot Surabaya dapat membuka akses jalan.

Pasalnya, tutur Cak Yo, pemkot berhasil membangun infrastruktur begitu panjang, yakni frontage road di jalan A Yani. Itu, papar Cak Yo, panjangnya sekian kilo meter.

Sedangkan di Girilaya, hanya ratusan meter. Tidak mencapai kilo meter. "Itu sebenarnya bisa diwujudkan pemkot," kata Cak Yo.

Cak Yo memperkirakan, akses dari Girilaya ke Makam Mbah Kapiluddin, tidak memakan anggaran besar seperti pembangunan frontage road, di A Yani.

"Kan hanya antara 200 sampai 500 meter," beber Cak Yo

Cak Yo menambahkan, pembebasan lahan untuk akses, sebenarnya tidak susah. Menurutnya, tinggal melakukan eksekusi terkait komponen yang bisa menghubungkan antara wilayah titik yang sering macet (Girilaya), dengan wilayah sasaran destinasi.

Maka, sekali lagi ia menegaskan, pembangunan destinasi itu, butuh keseriusan pemkot. Agar masyarakat tidak hanya mengingat dua kebon jeruknya (eks lokalisasi Dolly dan Jarak). Padahal di situ, ada makam keramat.

"Maka akses harus dibuka, yang menuju dari Kupang masuk ke wilayah Dolly tempo dulu," demikian imbau Cak Yo. (roy)