Mahasiswa UB Ikuti Sakura Program Exchange in Science Dengan Ritsumeikan University Jepang

oleh : -
Mahasiswa UB Ikuti Sakura Program Exchange in Science Dengan Ritsumeikan University Jepang
Mahasiswa UB Ikuti Sakura Program Exchange in Science Dengan Ritsumeikan University Jepang.

Malang, JatimUPdate.id,- Mahasiswa UB Ikuti Sakura Program Exchange in Science Dengan Ritsumeikan University Jepang. Mahasiswa Univesitas Brawijaya yang tergabung dalam Pusat Studi Pesisir dan Kelautan Universitas Brawijaya (PSPK-UB) memberangkatkan 4 mahasiswa penelitinya ke Jepang dalam rangka pertukaran mahasiswa.

Sakura Program Exchange in Science merupakan program pertukaran mahasiswa dari berbagai negara berkembang ke Jepang dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Jepang. Pertukaran mahasiswa ini dilaksanakan di Ritsumeikan University, Jepang pada tanggal 1 Desember 2022.

Menurut THE Japan University Rangkings, Ritsumeikan University merupakan salah satu universitas unggulan Di Jepang dengan rangking 31 dan rangking 8 untuk universitas swasta. Sedangkan untuk wilayah Jepang Barat, Ritsumeikan University rangking 4 dan rangking 1 untuk universitas swasta.

Pada kesempatan ini, 4 perwakilan mahasiswa dari Universitas Brawijaya antara lain Ilham Misbakudin Al Zamzami (Pascasarjana FPIK UB), Fatmawati Agustina (Pascasarjana FMIPA UB), Luthfia Ayu Dhea (Pusat Studi Pesisir dan Kelautan UB), dan Roudatul Ibdiah (Pusat Studi Pesisir dan Kelautan UB) mengikuti short course di Ritsumeikan University selama satu pekan. Selain itu juga terdapat peserta dari negara lainnya yaitu Laos dan Thailand.

Selain mahasiswa, program ini juga didampingi oleh dosen dari masing-masing universitas, salah satunya adalah Adi Tiya Yanuar Spi MT dari Dosen Fakultas Perikanan dan kelautan Universitas Brawijaya yang juga merupakan lulusan Master dari Ritsumeikan University.

"Dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa ini, kami harapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan buat mahasiswa kami, karena riset-riset di jepang banyak juga yang menjadikan indonesia sebagai obyek riset", Ungkap Adi Tiya Tanuar yang merupakan dosen ilmu kelautan. "Universitas brawijaya juga mengembangkan join riset bersama ritsumeikan university". Jelasnya lebih lanjut.

Selama di Ritsumeikan University, mahasiswa Ub di beri kesempatan untuk menggunakan laboratorium dan mengikuti kegiatan perkulihan di sana. "kegiatan ini membuat kami termotivasi untuk mengembangkan lebih banyak penelitian yang bisa bermanfaat buat masyarakat." Ungkap Ilham Misbakudin Al Zamzami mahasiswa Pasca Sarjana Ub yang tidak menduga kalau dirinya akan dapat kesempatan mengikuti Sakura Program Exchange in Science. (yah)