Tingkat Konsumsi Ikan Jawa Timur Dibawah Angka Konsumsi Ikan Nasional

oleh : -
Tingkat Konsumsi Ikan Jawa Timur Dibawah Angka Konsumsi Ikan Nasional
Jatim tidak masuk 10 Provinsi dengan Angka Konsumsi ikan Tertinggi (Data Statistik KKP)

Bogor, JatimUPdate.id,- Produksi perikanan tangkap  sekaligus ekspor perikanan  Jatim  tercatat tertinggi di Indonesia pada tahun 2022. Namun, dibalik berita baik tersebut, justru terselip ironi terkait tingkat konsumsi ikan jawa timur.

Jumlah konsumsi ikan jawa timur dibawah tingkat konsumsi ikan nasional. Tingkat konsumsi ikan jawa timur hanya 42,45 Kg perkapita dimana target konsumsi nasional 54 kg perkapita.

Baca Juga : Ekspor Komoditas Perikanan Jawa Timur Tahun 2022 Tertinggi Secara Nasional (jatimupdate.id)

Dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan pada statistik.kkp.go.id, pada tahun 2021 tercatat Provinsi Maluku menduduki peringkat pertama Angka Konsumsi Ikan (AKI) tertinggi dengan nilai 77,49 kg/kapita/tahun.

Posisi kedua ditempati Maluku Utara dengan rata-rata konsumsi ikan sebesar 75,75 kg/kapita/tahun. Setelahnya ada Kalimantan Utara dengan rata-rata konsumsi ikan mencapai 73,94 kg/kapita/tahun. Kemudian, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Kepulauan Riau sebesar 71,61 kg/kapita/tahun. Di Sulawesi Tenggara, rata-rata konsumsi ikan mencapai 70,95 kg/kapita/tahun.

Rata-rata konsumsi ikan di Sulawesi Utara 67,28 kg/kapita/tahun meningkat dari tahun sebelumnya 66,82 kg/kapita/tahun. Posisinya diikuti oleh Kepulauan Bangka Belitung dan Sulawesi Selatan dengan rata-rata konsumsi ikan masing-masing sebesar 67,16 kg/kapita/tahun dan 66,81 kg/kapita/tahun.Sedangkan rata-rata konsumsi ikan terendah dari sepuluh data tertinggi adalah Provinsi Aceh dan Gorontalo dengan angka konsumsi ikan masing-masing 66,21 kg/kapita/tahun dan 65,54 kg/kapita/tahun.

KKP juga menargetkan tingkat konsumsi ikan sebesar 62,5 kg/kapita di tahun 2024. Pelatihan pegolahan hasil perikanan menjadi salah satu strategi KKP untuk mencapai target konsumsi ikan.

Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) terus menggiatkan kampanye Gemarikan di 34 provinsi dengan target sasaran wilayah dengan rawan gizi dan stunting. 

Di sisi lain, Gubernur khofifah dalam kesempatan pelantikan rektor IPB mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan. Hal ini senada dengan semangat kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sejak beberapa tahun belakangan.

Target peningkatan konsumsi ikan jawa timur tahun 2023 dan strategi peningkatan konsumsi ikan yang terukur belum menjadi program prioritas Pemprov Jatim karena Peningkatan konsumsi ikan Belum menjadi Program Prioritas dari Tujuh Poin RKPD 2023 Provinsi jawa timur. (yah)

 

KonsumsiIkan Jawa Timur. Sumber statistik.kkp.go.idKonsumsiIkan Jawa Timur. Sumber statistik.kkp.go.id