Bupati Lamongan : Pramuka Harus Rebranding, Direfresh Agar Jadi Pilihan Anak Bangsa

Reporter : -
Bupati Lamongan : Pramuka Harus Rebranding, Direfresh Agar Jadi Pilihan Anak Bangsa

Lamongan, JatimUPdate.id,- Menyikapi keberadaan Pramuka di era 4.0 dengan tantangan yang semakin besar, menurut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, rebranding pramuka menjadi jawaban untuk menarik minat generasi saat ini. 

“Ke depan tantangan kita semakin besar, sehingga kita harus terus melakukan rebranding terhadap pramuka, agar tidak ada kesan pramuka jadul. Tidak semua jadul itu jelek, tapi substansi dari dulu itu masih tetap terbaik. Pramuka harus kita rebranding, di refresh, sehingga menjadi perbaikan kembali yang menjadikan pilihan anak bangsa untuk lebih baik lagi,” tutur Pak Yas, sapaaanya, saat menutup Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Lamongan, di Aula Gajah Mada Lt. 7 Pemkab Lamongan, Rabu (5/3). 

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Lamongan: Pandangan Umum Tujuh Fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Lebih lanjut, Bupati Yuhronour yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lamongan ini mengatakan, dengan terselenggarakannya raker cabang pramuka, menunjukan hal positif atas keberlangsungannya organisasi pramuka yang terus bergerak dinamis. 

“Raker cabang pramuka ini menandakan kegiatan pramuka tetap berjalan baik dan organisasi pramuka hidup, dinamis sehingga bergerak maju menuju kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” tambah Pak Yes.

Sementara, di waktu sebelumnya telah dilakukan rakercab gerakan pramuka yang diikuti 200 orang dan dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarcab Lamongan Moh. Nalikan. Pada kesempatan tersebut Nalikan mengutarakan, disetiap tahunnya Kwarcab Lamongan harus memiliki tema yang menarik dengan berorientasi pada muatan lokal. 

Baca Juga: Pameran Pendidikan di Lamongan Wujudkan Kurikulum Merdeka Belajar

“Dalam kegiatan setiap tahun harus punya tema-tema sendiri dan menarik, dapat berafiliasi dengan kegidupan di masyarakat. Semisal dengan kondisi saat ini muatan lokal, cuaca yang kurang bersahabat, bagaimana mengbina generasi muda yang akan datang, bagaimana jiwa pramuka generasi-generasi saat ini terpanggil, berperilaku melakukan kegiatan yang berkaitan dengan Lamongan,” kata Nalikan. 

Nalikan berharap, pramuka tidak hanya berorientasi pada hafalan teori tetapi implementasi pada kegidupan sehari-hari, melalui pola pembinaan tematik  serta penggeloraan semangat untuk regenerasi pramuka. 

“Gelorakan semangat pramuka agar ada regenerasi, misalnya nanti melalui dinas pendidikan seluruh pendidik harus berpakaian pramuka entah satu minggu sekali atau bagaimana. Kita ingin seluruh para pendidik, guru, kakak-kakak, punya dan berpakaian pramuka lengkap. Anak pra-siaga sudah menggunakan pakaian pramuka jadi jangan sampai kalah, pakian pramuka dari dulu tidak berubah, yang berubah adalah situasainya,“ tambah Nalikan

Baca Juga: Serahkan SK Perpanjangan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Ajak Kepala Desa Wujudkan Desa Mandiri

Selain itu, pada rakercab pramuka tahun 2023 pembinaan dan pelaksaan program di fokuskan pada pramuka penegak dan pandega, hal ini berbeda di bandingkan tahun sebelumnya yang berfokus pada pramuka prasiaga dan siaga. Dengan terdapat rencana program kegiatan anggota muda sebanyak 14 program dan 11 program kegiatan anggota dewasa.

Sebagai bentuk apresiasi, dalam kesempatan yang sama Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Ketua Kwarcab Lamongan Moh. Nalikan menyerahkan penghargaan kepada 4 kwartir terbaik dan 1 kwartir terfavorit dalam lomba upacara pembukaan latihan prasiaga yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan di tahun 2022. Serta, memberikan bantuan alat peraga edukatif (APE) untuk TK terdampak banjir di Kabupaten Lamongan. (yah)

Editor : Wahyu Lazuardi